Rumah Pompa Depo Pertamina Terbakar

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kebakaran terjadi menimpa Depot pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (14/5) sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya, satu unit Rumah Pompa (pengisian minyak dari depo ke kapal dan mobil) hangus dilahap api.

Kobaran api, ditambah asap yang membumbung membuat warga sekitar berlarian menuju tempat yang lebih aman. Warga sekitar mengaku mengetahui pertama kali api berkobar dari adanya melihat asap.

“Pertama itu, saya lihat ada asap ke atas pak, dari arah Depot itu pak. Ternyata, saya coba cek dengan warga sekitar, ternyata kebakaran, sudah lumayan besar,” ungkap Umar, salah seorang setempat.

Tak lama, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang menurunkan empat mobil Damkar dibantu dengan 25 personel regu Piket B. Proses pemadam sempat terkendala karena api yang terus membesar karena banyaknya tumpahan BBM.

Selang setengah jam, Damkar berhasil menguasai api. Namun, dua petugas pemadam dan satu orang warga harus mengalami luka bakar akibat sambaran api mengenainya.

“Api menghanguskan satu unit rumah pompa sebesar 35 x 5 meter. Diduga asal api berdasarkan keterangan dari pihak Pertamina akibat korsleting pada dinamo pompa,” kata Kabid Damkar Kota Padang, Edi Asri di lokasi kejadian.

Edi menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi kerugian ditaksir mencapai Rp. 1 Milyar. “Setelah berhasil dipadamkan, kita lakukan pendinginan agar tidak lagi memicu api. Kita telah serahkan kasus ini kepada pihak berwajib untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait