PLN Siap Amankan Kelistrikan World Water Forum 2024 di Bali

Listrik Menopang Kelancaran Forum Air Dunia

Denpasar – Persiapan pengawalan pasokan listrik untuk Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum ke-10 tahun 2024 di Bali telah mencapai tahap yang signifikan. PT PLN (Persero) menargetkan kesiapan 100% akan dirampungkan pada awal Mei 2024.

Demikian ditegaskan General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana dalam rapat terbatas bersama Badan Intelejen Daerah (Binda) Bali pada Selasa (tanggal).

Dalam pemaparannya, Udayana mengungkapkan kesiapan PLN saat ini telah mencapai rata-rata 47%. Untuk memastikan keandalan pasokan listrik selama World Water Forum yang akan berlangsung pada 18-25 Mei 2024, PLN telah melakukan berbagai langkah persiapan.

PLN dan Binda Bali juga telah menandatangani nota kesepahaman mengenai pengawalan sektor kelistrikan di Bali. Nota tersebut bertujuan untuk memastikan keandalan pasokan listrik dan jaringan komunikasi yang baik hingga ke tingkat daerah.

“Kerja sama pertukaran informasi melalui nota kesepahaman ini sangat diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan acara berskala internasional di Bali sebagai etalase Indonesia,” terang Udayana.

Bali memiliki daya mampu sistem kelistrikan sebesar 1.408 megawatt (MW) dengan beban puncak tertinggi 1.107 MW, sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 21%. PLN juga telah melakukan peremajaan peralatan transmisi dan gencar menyosialisasikan ketertiban bermain layang-layang untuk meminimalisir gangguan kelistrikan.

Selain itu, PLN melakukan penguatan jaringan tegangan rendah dan menengah, serta mengecek instalasi di setiap lokasi acara. Simulasi pola operasi juga dilakukan untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko.

“Persiapan ini dilakukan sesuai dengan lini masa yang telah ditetapkan. PLN juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kesuksesan acara ini,” ungkap Udayana.

Sebagai bentuk kesiapan, PLN akan menyiagakan 15 titik pengamanan kelistrikan yang meliputi Garuda Wisnu Kencana, Bali International Convention Center, dan sejumlah hotel di kawasan ITDC. PLN juga menyediakan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik, meliputi 12 unit SPKLU Ultra Fast Charging, 26 unit SPKLU Standard Charging, dan 20 unit SPLU.

Sementara itu, Perwakilan Binda Bali Kolonel Agus menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan PLN dalam mengamankan kelistrikan World Water Forum 2024. Kerja sama tersebut juga akan diperluas untuk menjaga keandalan listrik di Bali ke depannya.

Rekomendasi