Sumbar Terapkan Tabungan Pajak, Pertama di Indonesia

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi meluncurkan program tabungan pajak yang diinisiasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar di Hotel Pangerah Beach, Kota Padang, Selasa (30/4/2024).

Inovasi ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak daerah.

Baca Juga

“Tabungan pajak ini merupakan sebuah inovasi untuk mempermudah masyarakat membayar berbagai pajak daerah, tanpa harus mengeluarkan effort yang lebih lagi,” ujar Mahyeldi.

Melalui tabungan pajak, masyarakat dapat menabung dan kemudian dana tersebut akan digunakan untuk memotong langsung pajak-pajak yang berkaitan secara individu. Contohnya, pajak kendaraan bermotor.

“Dengan adanya tabungan pajak, masyarakat tidak perlu repot-repot lagi saat jatuh tempo pembayaran pajak karena akan langsung dipotong dari tabungan mereka,” jelas Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi menuturkan bahwa tabungan pajak ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat atas kewajiban pajak.

“Inovasi ini diharapkan dapat menghasilkan kesadaran pajak bagi masyarakat. Dengan kemudahan yang ditawarkan, diharapkan masyarakat lebih mudah, lebih cepat, dan tanpa mengorbankan biaya,” paparnya.

Pada tahap awal, program tabungan pajak ini akan ditujukan untuk kalangan PNS. Namun, kedepannya program ini akan dibuka untuk masyarakat umum.

“Untuk tahap awal, mungkin akan ditujukan untuk kalangan PNS terlebih dahulu. Namun, pada prinsipnya siapa saja bisa mengikuti program ini,” jelas Mahyeldi.

Kepala Wilayah Bank Indonesia (BI) Sumbar Endang Kurnia Saputra menyambut baik peluncuran program tabungan pajak ini. Menurutnya, ini merupakan inovasi yang sangat positif dan menjadi yang pertama di Indonesia.

“Kami menyambut baik gerakan dari pemerintah provinsi Sumatra Barat dengan meluncurkan tabungan pajak ini. Ini merupakan inovasi yang sangat positif dan menjadi yang pertama di Indonesia,” kata Endang.

Tabungan pajak merupakan kerjasama antara Bapenda Sumbar dengan Bank Nagari. Kedepannya diharapkan bank lain yang ada di Sumbar dapat juga bekerjasama dalam membuat tabungan pajak.

Rekomendasi