478,6 Miliar untuk Perbaikan Jalan Sumbar, Mahyeldi : Ini Berkat Sinergitas Pemerintah Daerah

Padang – Upaya Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi bersama 14 Kabupaten dan Kota dalam meningkatkan infrastruktur jalan membuahkan hasil.

Hal ini ditandai dengan dialokasikannya dana pusat mencapai Rp478,6 miliar dari Program Inpres Jalan Daerah (IJD) Kementerian PUPR tahun 2024.

Baca Juga

“Alhamdulillah, usulan kita untuk pembangunan jalan disetujui. Hampir setengah Triliun alokasi yang kita dapat dari Pemerintah Pusat,” ungkap Mahyeldi di Padang, Minggu (21/4/2024).

Dana tersebut akan digunakan untuk memperbaiki beberapa ruas jalan di Sumbar, di antaranya Jalan Bawan Tuo-Padang Bio-bio, Jalan Kampung Ladang-Sei Gimbar Ganting, Jalan Ekowisata Bukit Cambai, dan Jembatan Lubuk Pauh.

Kepala Bappeda Sumbar Medi Iswandi menjelaskan, dana IJD itu juga akan digunakan untuk membangun Jalan Batas Kota Payakumbuh-Sitangkai, Jalan Simpang Silaut III-Silaut III, Jalan Piobang Koto-Panjang dan Jalan Tanjung Pati-Simalanggang, Jalan Simpang III Rumbai-Muara Tais, Jalan Tanjung Bonai Aur-Tamparungo.

Selain itu, dana IJD juga akan digunakan untuk memperbaiki Jalan Simpang Tiga Alin-Paraman Ampalu, Jalan M. Hatta, Jalan Lubuk Pinang-Perumnas Talimato, Jalan Sungai Rumbai-Batas Solok Selatan, Jalan Rimbo Data-Kapujan, Jalan S. Sungkai-Log Batu Sandi/Batas Kabupaten Dharmasraya, dan pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Solok.

“Proses pengusulan pembiayaan IJD tidak instan, butuh beberapa tahapan dan mekanisme resmi,” kata Medi.

Rekomendasi