YPDK: Harapan Baru Bagi Pasien Miskin di RS M Djamil

Yayasan Djamil Peduli Kasih

Padang – Yayasan Djamil Peduli Kasih (YPDK) resmi diluncurkan di RSUP M Djamil Padang pada hari Selasa (7/5/2024) untuk membantu pasien miskin yang tidak mampu membiayai pengobatan.

Yayasan ini diprakarsai oleh Dr. Dovy Djanas, Direktur Utama RS M Djamil Padang, bersama dengan tokoh-tokoh lainnya. “Yayasan ini merupakan momentum RS M Djamil milik masyarakat,” ujar Dr. Dovy Djanas.

Menurutnya, RS M Djamil memiliki prinsip untuk tidak menolak pasien, sehingga piutang pasien pun menggunung. Kehadiran YPDK diharapkan dapat membantu mengatasi kendala pasien miskin yang tidak mampu membayar biaya pengobatan.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, menjadi pembina yayasan, dengan Dr. Dovy Djanas sebagai pembina dan Edi Suandi sebagai ketua pengurus.

Edi Suandi menjelaskan bahwa YPDK adalah wadah bagi para dermawan untuk membantu pasien miskin atau terlantar dalam mendapatkan layanan kesehatan terbaik. Yayasan ini didirikan pada 27 Juli 2023 dan berbadan hukum sejak 23 Agustus 2023.

“Tugas yayasan ini adalah membantu pasien RS M Djamil yang tidak mampu dan tidak ditanggung BPJS, serta kegiatan sosial lainnya,” ujar Edi Suandi.

Meskipun belum resmi diluncurkan, YPDK sudah aktif melakukan kegiatan. Informasi lebih lanjut tentang yayasan ini dapat diakses melalui situs web www.djamilpedulikasih.com [URL yang tidak valid dihapus].

Soft launching YPDK dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumbar, Viona Liza, mewakili Gubernur Sumbar yang berhalangan hadir. Viona menyampaikan apresiasi kepada para pendiri, pengawas, pembina, dan pengurus yayasan atas dedikasi mereka.

“Yayasan ini menjawab keresahan masyarakat, terutama bagi keluarga pasien yang tidak mampu membiayai pengobatan,” ujar Viona.

Ia berharap YPDK dapat membantu meminimalisir masalah layanan kesehatan yang tidak teratasi oleh BPJS atau JKN.

Rekomendasi