Dahlan : Wirausaha Bermula Dari Tindakan

  • Whatsapp
2Menteri Negeri (Meneg) BUMN Dahlan Iskan hadir sebagai narasumber pada Seminar Nasional Kewirausahaan yang diadakan di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Selasa (26/11) pagi.

Setibanya Meneg BUMN ini sekitar pukul 10.30 WIB, langsung disambut dengan tarian pasambahan serta silat khas minang. Lalu, seminar yang dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai Universitas yang ada di Kota Padang ini resmi dibuka oleh Assari Warni Wakil Rektor III IAIN Imam Bonjol Padang.

Bacaan Lainnya

Langsung saja, Dahlan sebagai pembicara utama itu menjelaskan mengenai kewirausahaan guna meningkatkan eksistensi mahasiswa dalam berwiraswasta. Dalam seminarnya, ia mengingatkan kepada seluruh mahasiswa bahwa wirausaha tidak memiliki pelajaran, melainkan lebih kepada tindakan.

“Saya tidak akan berceramah atau lainnya, karena wirausaha itu adalah tindakan langsung, bukan dengan teori maupun sebagainya, dari tindakan itulah nantinya kita bisa merasakan apa sebenarnya itu wirausaha” ucapnya saat memberikan penjelasannya tentang wirausaha, pagi.

Gaya tampilan khasnya, hanya memakai sepatu kets berwarna putih, petinggi BUMN ini menyapa serta memanggil beberapa mahasiswa yang menjadi pengusaha muda. Dahlan pun menanyakan setiap mahasiswa mengenai kegemaran maupun alasan mereka bewirausaha.

Dilain sisi, pengusaha muda merupakan suatu kemajuan bagi generasi penerus bangsa saat ini, karena ini sangat sudah berkemajuan dari masa sebelumnya. “Setelah banyak yang saya dengarkan tentang para mahasiswa yang dikategorikan pengusaha muda ini, sungguh sangat maju generasi muda saat ini, berbanding terbalik dari zaman dahulunya” tuturnya.(*)

Adapun alasan Dahlan mengutarakan hal tersebut, dikarenakan bahwa peran anak muda dulunya lebih cendrung memilih sebagai pegawai maupun pekerja kantoran.

“Kenapa generasi muda sekarang lebih bagus ? Karena dulunya waktu saya kecil, orang banyak menginginkan jadi pegawai tetapi melihat anak-anak ini semuanya berubah, dan sangat bagus untuk masa depan Indonesia nantinya” jelasnya.

Usai memberikan penjelasannya, Dahlan langsung meninggalkan ruangan untuk melanjutkan agendanya mengisi pembicara pada seminar Internasional Komunikasi yang diadakan di Pangeran Beach Hotel. Turut hadir Mustafa Ibrahim A. Al-Mubarak Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Ketua Hipmi Sumbar dan Walikota Padang Fauzi Bahar.(*)

 

Loading...

Pos terkait