Waspada Kawasan Rawan Longsor di Sumbar

heavy wheel excavator machine working at sunset
heavy wheel excavator machine working at sunset
heavy wheel excavator machine working at sunset
heavy wheel excavator machine working at sunset

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menyiapkan infrastruktur untuk menunjang arus mudik Lebaran 2017. Menyiapkan jalur-jalur lainnya seperti di Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

 

Bacaan Lainnya

Bahkan, memasuki  H-10, jajaran Ditjen Bina Marga Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III telah melakukan perbaikan pada jalur yang dikenal sebagai jalur wisata dan logistik di Sumbar.

 

Ada 16 pokso didirikan yang tersebar di sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Barat serta ada 9 posko di Bengkulu,

menempatkan personil di posko-posko siaga Sapta Taruna Bina Marga yang tersebar di jalur tersebut, sebut Kepala BPJN III Syaiful Anwar, Minggu (18/6).

 

Syaiful menuturkan, salah satu posko ditempatkan di KM 65 yang lebih dikenal dengan Tikungan Silaen, sebab pada titik sangat rawan dengan jalanan curam menurun dan menanjak tajam, serta ada tingkungan tajam.

 

Posko tersebut dilengkapi informasi daerah rawan longsor, alat berat berupa dump truck, loader dan excavator, tak hanya itu telah ada call centernya. “Mendekati lebaran, alat berat maupun petugas akan kami tambahkan,” ujarnya.

Pengendara diimbau untuk berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu di lokasi tersebut karena apabila hujan, jalanan menjadi licin.  Selain itu posko juga ditempatkan di Jembatan Kelok 9, diprediksi bakal terjadi kepadatan kendaraan.

Pada jalur terpadat di Sumbar yaitu Padang By Pass-Bukit Tinggi-Batas Riau sepanjang 205 km tersebut, saat ini telah siap 99 persen. Hanya terdapat satu titik longsor yaitu pada KM 185 yang sedang dilakukan penanganan akibat longsor 9 Juni 2017 lalu.

Untuk mencegah kemacetan pada titik longsor, pihak BPJN III sudah bergerak cepat dengan melakukan pemasangan plat decker untuk menahan timbunan, saat ini progress pekerjaan sedang menunggu pengeringan beton pada plat decker tersebut dan diharapkan pada hari Senin (19/6) sudah dapat dilakukan penimbunan.

 

Padang By Pass-Bukittinggi, Batas Riau telah dilakukan perbaikan pada jalur dikenal sebagai jalur wisata dan logistik di Sumbar.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia