Warga Geruduk DPRD Padang, Tolak Mutasi Pj Walikota

  • Whatsapp
Unjuk rasa di Gedung DPRD Padang. FOTO KLIKPOSITIF

Unjuk rasa di Gedung DPRD Padang. FOTO KLIKPOSITIFRatusan massa mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Kota Padang menggelar unjuk rasa di Gedung DPRD Padang, Jumat (2/ 5). Unjuk rasa ini merupakan buntut dari penolakan pemutasian 52 pejabat struktural Pemko Padang yang dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Walikota Padang Erizal Agus.

Pengunjuk rasa menuntut DPRD Padang menyampaikan empat tuntutan mereka kepada Pj Walikota Padang. Adapun keempat tuntutannya adalah mencabut Surat Keputusan (SK) mutasi puluhan pejabat Kecamatan dan Kepala Sekolah.

Kemudian, mengembalikan kembali pejabat yang dimutasi bersamaan Pj Walikota Padang harus meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Padang atas tindakan yang dinilai massa sangat tidak profesional.

“Apa ini namanya, Walikota terpilih akan dilantik, tetapi Pj Walikota malah yang memutasi. Ini tidak benar, sangat tidak etis dan sarat dengan kepentingan politik,” sorak pengunjuk rasa.

Pengunjuk rasa juga menuntut DPRD Padang menunda pelantikan Walikota dan Wakil Walikota definitif, sebelum tuntutan mereka dipenuhi. “Realisasikan tuntutan kami, tunda pelantikannya,” tegas pengunjuk rasa.

Koordinator Aliansi Masyarakat Padang (AMP), Mazhar mengutarakan, pemutasian yang dilakukan oleh Pj Walikota Padang dinilai telah melanggar barometer etika pemerintahan.

“Banyak pejabat yang berprestasi malah dimutasi. Apakah sistem penyegaran itu memang ada ? Atau hanya sekedar kepentingan politik saja ? Seharusnya yang memutasi itu Walikota definitif, bukan Penjabat,” tegasnya.

Selain AMP, sekitar 300an siswa SMA N 3 Padang juga ikut serta dalam unjuk rasa kali ini. Tak tanggung-tanggung, ratusan siswa ini pun menggelar mogok belajar hanya untuk turut menyampaikan aspirasinya kepada Anggota Dewan.

Keikutsertaan siswa SMA N 3 Padang ini merupakan aksi lanjutan yang dilakukannya untuk menolak pemutasian Kepala Sekolah-nya atas nama Monalisa. “Kami ingin Kepsek kami kembali. Kepsek seberhasil dan berprestasi seperti beliau masak dimutasi, coba terangkan kepada alasan yang logis, jangan hanya main mutasi saja,” tegas Ketua OSIS SMA N 3 Padang, Ganang Wicaksono.

Sementara, salah seorang anggota DPRD Padang Jamasri mengatakan, seharusnya aksi protes yang dilakukan oleh siswa SMA 3 Padang ini tidak menganggu proses belajar mengajar (PBM).

“Jika memang kecewa terhadap keputusan Pj Walikota, kan bisa menunjuk perwakilan. Jangan bolos seperti ini, aspirasi pastinya tetap akan kami terima walaupun dari perwakilan,” katanya dihadapan pengunjuk rasa.

Senada, Wakil Ketua DPRD Padang Afrizal berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut kepada Pj Walikota. “Kita akan akomodir tuntutan dari masyarakat tersebut. Kita akan lakukan pertemuan dalam waktu dekat dengan Pj Walikota untuk membicarakan tuntutan tersebut,” tuturnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait