Video “Pemilu Gila di Mentawai” Benarkah ?

Laman youtube berisikan judul "Pemilu Gila di Kab. Mentawai Provinsi Sumbar".
Laman youtube berisikan judul "Pemilu Gila di Kab. Mentawai Provinsi Sumbar".
Laman youtube berisikan judul “Pemilu Gila di Kab. Mentawai Provinsi Sumbar”.

Pengguna internet, khususnya di Sumatera Barat dihebohkan dengan suatu video pada lama Youtube. Video yang berdurasi 1 menit 13 detik itu menunjukan sejumlah pria memasukkan seperti surat suara pemilu ke kotak suara secara berulang-ulang dan disaksikan sejumlah orang.

Saat ini video yang berjudul “Pemilu Gila di Kab. Mentawai Provinsi Sumbar” telah disaksikan sekitar 500 viewers (pengunjung). Beralamatkan http://www.youtube.com/watch?v=jBmL5k3IpYI video ini diketahui di upload oleh pemegang akun bernama Charly Rahmat Leader Setia pada Sabtu (26/4) kemarin.

“Jika ini video benar, maka Pemilu ini sudah gila. Pemilu tanpa ada pengawasan apalagi penindakan,” ujar penggiat demokrasi, Ardy di Padang, Minggu (27/4).

Sejauh ini, belum ada laporan terkait video tersebut kepada KPU Sumatera Barat maupun Bawaslu. Rapat pleno rekapitulasi suara di KPU Mentawai hingga KPU Sumbar pun berjalan lancar tanpa ada kendala, hanya transportasi. “Pleno KPU Sumbar molor dari jadwal karena rekapitulasi hasil pleno KPU Mentawai terkendala pengangkutan dokumen ke Padang,” ujar Kabag Humas KPU Sumbar, Catur Riyanto.

Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari KPU mau pun Bawaslu terhadap kebenaran dari video “Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai” yang beredar di laman Youtube, apakah Pemilu 2014 di Mentawai atau bukan.

Komisoner KPU Sumbar, M. Mufti Syarfie yang dihubungi mengatakan, proses rekapitulasi suara di Sumatera Barat sudah selesai. “Jika ada dugaan penyimpangan pelaksanaan Pemilu, itu ada mekanismenya, bisa ke Panwaslu, Bawaslu atau ke Mahkamah Konstitusi,” ujar Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura Sumbar HM Tauhid mengatakan, kualitas Pemilu di Sumbar dari tahun ke tahun makin jelek. “Pencoblosan di Mentawai seperti yang ada di Youtube itu apakah masih bisa dikatakan suara Caleg itu halal?,” ujar Tauhid.

Menurut Tauhid, mestinya tayangan “Pemilu Gila di Kabupaten Mentawai” yang beredar di Youtube itu hendaknya dianalisis oleh Bawaslu dan KPU. Jika terbukti, bisa saja direkomendasikan PSU (pemungutan suara ulang) di Mentawai.

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia