Titik Panas Mulai Berkurang di Pulau Sumatera

Ilustrasi Kabut Asap.
Ilustrasi Kabut Asap.
Ilustrasi Kabut Asap.

Kabut asap yang melanda sejumlah daerah Sumatera Barat, hari ini, Jumat (19/9) berangsur berkurang. Hal ini terlihat dengan berkurangnya titik panas (hotspot) yang tersebar pada sejumlah Provinsi di Pulau Sumatera.

Staff Data dan Informasi Global Atmosfer Watch (GAW) Kototabang, Albert Naha menyebutkan, terpantau pada Satelit Terra dan Aqua pada Jumat pukul 05.00 WIB, titik panas hanya tinggal tujuh titik. “Untuk di Pulau Sumatera tinggal tujuh titik panas. Provinsi Jambi satu titik, Aceh dua titik dan Sumatera Selatan empat titik,“ katanya saat dikonfirmasi via seluler.

Baca Juga

Ia menjelaskan, terkait kualitas udara saat ini berangsur membaik, walaupun masih status sedang. “Iya untuk kualitas udara saat ini PM10 51 ug/m3. Hal ini berangsur membaik dari pada sebelumnya, tetapi saat ini kualitas udara masih sedang,” jelasnya.

Sedangkan, untuk Pulau Kalimantan masih memiliki titik panas yang berjumlah cukup banyak. “Untuk pantauan satelit, Pulau Kalimantan masih banyak berjumlah 349 titik panas, sedangkan untuk Pulau Jawa ada 14 titik panas,” tuturnya.

Sementara itu, Kota Padang terpantau masih diselimuti dengan kabut asap, tetapi sudah berangsur berkurang. “Betul, sudah mulai berangsur berkurang untuk kabut asapnya,” singkatnya.

Loading...

Rekomendasi