Tips Hadapi Ujian Nasional ? “Intip Sini Yuk”

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Mengingat ujian nasional beberapa bulan lagi, berikut tips untuk mengikuti ujian nasional.

1. Sebelum ujian

Bacaan Lainnya

Persiapan yang paling utama tentu belajar, hendaklah belajar dengan fokus baik disekolah ataupun belajar ditempat les. Tidak terlalu banyak tertawa dan bercanda secukupnya sebagai pelepas rasa penat.

Selanjutnya rajin-rajin mengejarkan soal yang berhubungan dengan ujian nasional atau mengikuti tryout, hal ini akan melatih mental secara otomatis bagi yang mengerjakannya dan akan mengetahui sampai mana kemampuan diri dalam menjawab pertanyaan.

Jangan menjawab soal tersebut dengan menyontek, tentu hasil yang diperoleh akan sia-sia karena bukan kemampuan sendiri.

Yang paling penting, jangan lupa melakukan reflesing untuk penyegaran, agar otak tidak terlalu keras bekerja. Disarankan untuk reflesing ketempat rekreasi alam yang disukai, seperti pantai.

Jangan hanya sekedar bermain game dirumah. Kegiatan tersebut tidak membawa efek positif sama sekali.

Jangan lupa berolahraga, untukmenjaga kesehatan tubuh agar tidak drop ketika ujian berlangsung. Serta beribadah untuk menenangkan hati dan pikiran. Apabila ada waktu senggang berkonsultasilah kepada guru disekolah tentang ujian nasional ini.

2. Ketika Ujian

Beberapa hari menjelang ujian, bahaslah kembali pelajaran yang telah dikuasai. Jangan membahas yang sama sekali tidak dikuasai. Pastikan perlengkapan ujian sudah siap jangan sampai ada yang tinggal, karena akan membuat pikiran menjadi panik.

Sebelum berangkat sekolah jangan lupa sarapan secukupnya. Berangkatlah kesekolah lebih awal dari biasanya, dan selalu menjaga pikiran agar tetap positif.

Jangan lupa membaca doa sebelum mengerjakan soal. Kerjakanlah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu dan soal yang sulit dijawab diakhir waktu yang masih tersisa. Kalau sudah selesai jangan lupa mengecek kembali kelengkapan identitas dilembar jawaban.

3. Setelah ujian

Jangan membahas kembali soal yang sudah dikerjakan dirumah. Karena akan menyebabkan rasa kecewa jika ada jawaban yang salah dan menganggu ujian selanjutnya. Tetap berdoa dan memohon kepada Tuhan.

Penulis : Lailatul Himni

Loading...

Pos terkait