Tips Ampuh Atasi Insomnia dengan Beberapa Langkah Ini

Sumber foto: pexels.com

Gangguan tidur insomnia menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu. Insomnia bisa menyebabkan tubuh jadi merasa jauh lebih lelah dan kesehatan juga menurun.

Kondisi seperti ini jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Dibutuhkan cara mengatasi insomnia paling ampuh sehingga tubuh bisa kembali beristirahat atau tidur dengan nyaman.

6 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh

Apakah insomnia berbahaya? Ya, kondisi ini bisa memicu banyak gangguan kesehatan lain dan harus segera diatasi. Umumnya kondisi ini akan lebih sering dialami oleh orang-orang yang memiliki aktivitas padat dan stres dengan beban kerja atau hal lainnya.

Berikut adalah 6 tips ampuh yang bisa diterapkan untuk mengatasi insomnia sehingga bisa tidur nyaman seperti seharusnya:

  1. Lakukan Relaksasi

Tips pertama, cobalah untuk melakukan relaksasi sebelum tidur. Sebagian besar orang mengalami insomnia karena tubuh dan pikirannya tidak tenang. Jika ingin tidur dengan mudah dan nyaman, maka cobalah menenangkan pikiran terlebih dahulu.

Cari cara atau metode yang tepat supaya bisa rileks dan jangan tegang memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya dikhawatirkan. Bagi orang dewasa, hal seperti ini sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan.

Apalagi saat tanggung jawab semakin besar baik terhadap keluarga maupun pekerjaan. Memang wajar jika merasa tegang dan overthinking. Namun cobalah untuk menarik napas dan tenangkan diri. Putar musik atau lakukan meditasi agar tubuh jadi lebih rileks.

  1. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Apa yang dikonsumsi oleh tubuh juga berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk tertidur pulas. Usahakan tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan serta minuman yang ada kafeinnya.

Tak hanya kopi tapi bisa juga teh dan bahan-bahan makanan lain yang mengandung kafein, walaupun dalam kadar yang kecil. Lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat sebelum tidur.

Jika ingin tidur lebih nyenyak maka bisa minum segelas susu hangat atau cokelat panas. Bisa juga dengan mengonsumsi teh chamomile yang dianggap sangat efektif mengatasi gangguan tidur.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Cara mengatasi insomnia berikutnya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Hal ini ternyata juga berpengaruh pada siklus tidur Anda. Jika pola hidupnya sehat maka akan jauh lebih mudah untuk mengelola stres dan merasa rileks saat waktunya tidur.

Pola hidup sehat ini tidak hanya berhubungan dengan makanan tapi juga kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Mulailah mengatur waktu olahraga agar tubuh dan pikiran tetap sehat.

Pilih jenis olahraga yang tepat untuk membantu mengelola stres seperti yoga dan jogging. Saat tubuh sehat, maka gangguan tidur seperti insomnia ini pasti bisa diatasi dengan lebih mudah.

  1. Fokus pada Hal-Hal Positif

Perlu diketahui bahwa akibat insomnia sangat berbahaya. Kesehatan fisik menurun dan risiko depresi juga terus menghantui. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha agar bisa terbebas dari masalah insomnia ini.

Salah satu caranya adalah dengan memfokuskan pikiran pada hal-hal yang positif. Pikiran negatif menjadi salah satu penyebab terberat masalah insomnia. Apalagi jika sampai overthinking memikirkannya.

Tak hanya insomnia, kondisi seperti ini malah bisa membuat seseorang jadi stres. Oleh sebab itu, cobalah kendalikan diri agar selalu memikirkan hal-hal yang positif saja.

  1. Jauhkan Distraksi

Salah satu cara mudah mengatasi insomnia adalah dengan menjauhkan distraksi. Ada banyak bentuk distraksi yang membuat seseorang sulit tidur. Salah satu contoh paling mudah adalah gadget.

Penggunaan gadget di zaman sekarang ini seolah tidak ada batasnya. Sepanjang hari main gadget sampai waktu tidur pun terganggu karena gadget. Apalagi jika ada koneksi internet yang lancar, waktu tidur dilupakan begitu saja demi scrolling media sosial.

Oleh sebab itu, cobalah menjauhkan gadget dan jika perlu matikan koneksi internet. Ini akan membantu Anda tidur lebih cepat karena tidak ada lagi distraksi yang membuat Anda tetap terjaga.

  1. Ciptakan Ruang Tidur yang Nyaman

Penting sekali untuk menciptakan ruang tidur yang nyaman. Orang yang mengalami insomnia seharusnya memang tidur di tempat yang nyaman supaya waktu tidur jadi lebih berkualitas.

Coba perhatikan kamar tidur Anda dan atur ulang supaya jadi lebih nyaman. Mulai dari pencahayaan hingga perlengkapan tidur yang dipakai. Pakailah sprei yang nyaman dan lembut agar tubuh bisa lebih rileks saat berbaring di sana.

Kemudian Anda juga sangat disarankan untuk memakai sarung guling Microtex minimalis yang akan membuat tidur jadi lebih nyaman. Sarung guling ini memiliki bahan yang lembut dan sangat nyaman saat disentuh. Sangat efektif membantu meningkatkan kualitas istirahat Anda

Beli Sarung Guling Microtex di Blibli

Anda tak perlu susah-susah mencari sarung guling berkualitas ini. Langsung saja kunjungi platform e-commerce Blibli untuk membeli sarung guling Microtex. Blibli menyediakan banyak pilihan produk sarung guling Microtex minimalis dengan beragam motif dan warna.

Tentu saja kualitas yang ditawarkan orisinal dan akan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Belanja di Blibli sangat menguntungkan. Anda bisa mengakses platform ini dimana saja secara online.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak penawaran promo menarik sehingga uang yang dikeluarkan jadi lebih hemat. Varian produknya juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai selera.

Terapkan berbagai cara mengatasi insomnia untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Gangguan tidur ini tidak boleh dianggap sepele dan diabaikan begitu saja.

Pastikan Anda bisa menemukan solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan waktu tidur yang mencukupi serta berkualitas, Anda pasti akan merasa lebih bahagia dan tubuh juga jadi lebih sehat.

Rekomendasi