Tiga Persoalan Utama Indonesia Versi Jokowi-JK

  • Whatsapp
Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto : Merdeka

 

Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto : Merdeka
Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Foto : Merdeka

Tim Sukses capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Muhammad Jusuf Kalla (JK), Zuhairi Misrawi, menyatakan terdapat tiga masalah utama yang selama 10 tahun terakhir dihadapi bangsa Indonesia.

“Masalah pertama terkait lemahnya penegakan hukum di Indonesia selama 10 tahun terakhir. Negara absen dan kehilanan wibawa dalam berbagai persoalam hukum di Indonesia,” tutur Zuhairi pada Senin petang (16/5). 

Jadi, wibawa negara harus dikembalikan dalam bidang hukum. Pemerintah mendatang piun harus serius menangani berbagai persoalan di bidang hukum.

Masalah kedua, ujar Zuhairi, adalah melemahnya perekonomian nasional. Harus diakui ada pertumbuhan ekonomi enam persen per tahun, tapi hanya dalam konteks makro. 

Sedangkan dalam konteks mikro, pertumbuhan ekonomi itu tidak berdampak pada masyarakat kecil. 

Sedangkan masalah ketiga, papar Zuhairi, adalah masalah intoleransi beragama secara nyata di Indonesia. Selama 10 tahun terakhir, Indonesia cenderung absen dalam masalah ini.

Negara harus berposisi netral terhadap keyakinan beragama warga negaranya. 

“Warga negara dengan keyakinan beragama yang berbeda-beda, apakah NU, Muhammadiyah, Syiah atau Ahmadiyah, semuanya memiliki kedudukan yang sama, jelas Zuhairi.

Zuhairi menyatakan hal ini dalam acara Dialog Nasional di Gedung Juang 45, Jakarta.

Acara ini bertajuk: “Capres-Cawapres ‘HMI’ Harapan Masyarakat Indonesia: Mengkaji Kriteria Pemimpin Bangsa, Keumatan dan Kebangsaan”.

(Republika)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait