Tiba-tiba Panwaslu Solsel Batalkan PSU di 11 TPS

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/AKTUAL
Ilustrasi. FOTO/AKTUAL

KPU Kabupaten Solok Selatan membatalkan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 11 TPS yang sebelumnya dikabarkan ada surat suara yang tertukar. Keputusan ini setelah adanya surat rekomendasi pembatalan dari Panwaslu setempat.

Padahal, dikabarkan beberapa waktu lalu, Panwaslu setempat memberikan rekomendasi agar KPU Kabupaten SoloK Selatan melaksanakan PSU di 11 TPS tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita melakukan PSU berdasarkan rekomendasi Panwaslu tanggal 14 April. Sabtu (19/4) pagi datang lagi surat Panwaslu No. 019/Panwaslu-Kab.SS/IV/2014 tanggal 18 April 2014 yang mengatakan PSU tidak perlu dilakukan,” ujar Ketua KPU Solok Selatan Robert Kenedy saat dihubungi via seluler di Padang Aro, Sabtu (19/4).

Menurutnya, KPU hanya melaksanakan rekomendasi sesuai yang diberikan Panwaslu. Demikian, KPU pun kemungkinan akan langsung membatalkan penyelenggaran PSU tersebut.

“Pertimbangan Panwaslu membatalkan PSU karena KPPS, saksi partai politik dan Pengawas Pemilu lapangan tidak memahami penanganan pelanggaran tertukarnya surat suara sesuai aturan perundangan,” jelasnya.

Selain itu, pertimbangan Panwaslu yang lain adalah tidak dapatnya akses informasi sehubungan dengan surat edaran KPU nomor 306/KPU/IV/2014 tanggal 9 April 2014.

Alasan lain, karena laporan pengaduan tertukarnya surat suara membutuhkan klarifikasi di lapangan dan kajian, setelah itu baru bisa diputuskan tindakannya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Solok Selatan, Sanusi, hingga Sabtu (19/4) tidak bisa dihubungi. Staf sekretariat Panwaslu, Edi Mizwar menyebut bahwa keberadaan Ketua Panwaslu tidak diketahuinya. “Kita lihat bagaimana, nantinya,” singkatnya.

(Afiliasi: KlikSumbar)

Editor : Ikhwan

Loading...

Pos terkait