Terpilih Jadi Wakil Bupati, Calon DPD Ini Mundur

Irdinansyah Tarmizi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada KPU Sumbar.
Irdinansyah Tarmizi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada KPU Sumbar.
Irdinansyah Tarmizi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada KPU Sumbar.

Calon DPD dari Dapil Sumatera Barat, Irdinansyah Tarmizi menyatakan mundur dari pencalonannya dengan memberikan surat pengunduran diri kepada KPU Sumbar, Kamis (27/3) kemarin.

Irdinansyah mundur karena mengisi kursi Wakil Bupati Tanah Datar yang sebelumnya kosong dalam Rapat Paripurna DPRD untuk melanjutkan periode pemerintah 2010-2015 beberapa waktu lalu.

“Ini merupakan pilihan, sebenarnya dua minggu belakangan saya masih melakukan sosialisasi dan melengkapi semua berkas. Baru, beberapa waktu lalu saya ditetapkan menjadi Walkil Bupati saat pengusulan calon yang dilakukan oleh Partai Golkar Kabupaten Tanah Datar,” katanya Irdinansyah Tarmizi di KPU Sumbar, Kota Padang.

Seperti diketahui, sesuai dengan peraturan perundang-undangan menurut UU No.12 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD yang telah ditetapkan, dijelaskan, tidak boleh merangkap jabatan sebagai pejabat negara.

“Mengacu kepada UU itulah saya menyatakan mundur. Ini merupakan langkah agar tidak terjadi polemik di kemudian harinya,” ujarnya.

Selain itu, Irdinansyah yang juga duduk menjadi Anggota DPRD Sumatera Barat dalam waktu dekat juga akan mengundurkan diri. “Saya akan memberikan surat pengundurannya langsung kepada pimpinan dewan melalui Sekretaris DPRD,” tuturnya.

Sementara, Koordinator Sosialisasi KPU Sumbar, Nova Indra menyebutkan bahwa pengunduran diri Irdinansyah dari Calon DPD merupakan langkah yang sudah tepat. Menurutnya, langkah ini dapat menyingkirkan polemik maupun permasalahan yang sering timbul karena merangkap jabatan sebagai pejabat negara.

Dalam waktu dekat, kata Nova, pengunduran diri yang bersangkutan akan ditindaklanjuti dengan diteruskan kepada KPU RI. “Kami juga akan menginformasikan kepada KPU Kabupaten Tanah Datar hingga kepada PPS untuk memberitahukan pemilih untuk tidak lagi memberikan suara pada Calon DPD Sumbar bernomor urutu 7 pada Pemilu Legislatif mendatang,” katanya di Padang, Jumat (28/3) pagi.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia