Tenggelamkan Kapal Asing, Kapolri Mendukung

  • Whatsapp
Kapolri, Jenderal Sutarman. Foto : Tribunnews.com
Kapolri, Jenderal Sutarman. Foto : Tribunnews.com
Kapolri, Jenderal Sutarman. Foto : Tribunnews.com

Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Sutarman mengaku akan melaksanakan regulasi penenggelaman kapal asing yang masuk di wilayah perairan Indonesia.

Meski begitu, perintah Presiden RI Joko Widodo itu tetap memakai aturan penyelamatan awak kapal yang tertangkap tangan mencuri ikan di laut Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Kita tenggelamkan kapalnya, tapi kita harus menolong awak kapalnya harus diselamatkan. Dan tentu kita harus melakukan proses hukum yang berlaku di Indonesia,” Tegas Sutarman di Semarang, Selasa (2/12).

Regulasi penenggelaman kapal asing itu berdasarkan intruksi Presiden RI yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Perikanan. Sehingga, pelaksanaannya akan langsung diterapkan oleh jajaran Kepolisian.

Demi menegakkan pengamanan di zonasi perairan Indonesia, jumlah kapal RI yang bisa masuk di laut dalam sebanyak 670 kapal. Sementara jumlah seluruh kapal yang dimiliki adalah 1005, dan sisanya adalah kapal-kapal kecil kecil, berupa perahu karet, speedboat kecil dan dan lain-lain.

Aturan yang akan ditegakkan kepolisian berdasar pada teritrorial Indonesia, yakni wilayah yuridiksi dan ada wilayah zona ekonomi ekslusif dan landas kontinen 12 mil. “Kewenangan Polri ada di wilayah yuridiksi 12 mil itu,” kata dia.

(Aktual.co)

Loading...

Pos terkait