Tak Hanya Riau, Hutan di Padang juga Terbakar

Kebakaran hutan di Bukit Putus. FOTO/Twitter/PUisiJinggass
Kebakaran hutan di Bukit Putus. FOTO/Twitter/PUisiJinggass
Kebakaran hutan di Bukit Putus. FOTO/Twitter/PUisiJinggass

Lima hektar hutan yang berada di kawasan Bukit Putus, dan Bukit Batu Hapa, Kota Padang, Minggu (16/2) siang terbakar. Sontak, ratusan warga yang bermukim disekitar lokasi pun langsung menyelamatkan barang berharga mereka takut terkena dampak kebakaran.

Ketua RT setempat, Sepriati mengungkapkan, api diketahui pertama kali oleh sejumlah warga yang tengah duduk pada sebuah warung tepat dipinggir jalan Bukit Putus. Diduga api berasal dari pembakaran sampah untuk pembukaan lahan baru pada bukit tersebut.

Bacaan Lainnya

“Ada kepulan asap, kami pun langsung melakukan survey disana, ternyata memang benar, dan kami langsung melapor ke Pemadam Kebakaran,” katanya di lokasi kejadian.

“Kebakaran dipicu karena adanya pembakaran sampah untuk pembukaan lahan baru di Bukit Putus. Namun, cuaca yang sangat panas, api cepat menyebar hingga meluas ke Bukit Batu hapa yang berada tepat sebelahnya,” kata Kepala BPBD PK Kota Padang, Budhi Erwanto di lokasi kejadian.

Damkar pun langsung menerjunkan sejumlah personel ke lokasi, ditambah empat mobil pemadam kebakaran. “Empat mobil yang kami kerahkan hanya bisa stand by di Lantamal II Teluk Bayur karena slang tidak sampai ke bukit,” jelasnya.

Dikatakan, Budhi, ada sedikitnya empat titik api yang ditemukan pada dua bukit, dan diperkirakan akan terus meluas. “Kami anjurkan kepada warga setempat agar dapat mengevakuasi sementara barang berharga, dan menjauh dari sana. Pasalnya, titik api saat ini berjarak 700 meter dari pemukiman setempat,” tuturnya.

Saat ini, setidaknya ada 6 KK di Bukit Putus, dan 120 KK di Bukit Batu Hapa serta satu buah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) terancam terkena imbas karena api terus meluas.

“Kita hingga saat ini masih berupaya penuh untuk memadamkan api disana. Semoga bisa terhenti apinya, dan tidak meluas,” harapnya. [G/Ed*WN]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia