Tahun ini, Tiga Daerah di Sumbar Bakal Dibangun Shelter

  • Whatsapp
Rumah Gadang
Rumah Gadang
Rumah Gadang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan pembangunan empat shelter yang digunakan nantinya untuk evakuasi warga apabila terjadinya bencana tsunami.

Shelter itu sendiri akan dibangun secara bertahap, pertama dibangun di Kota Padang dan Kabupaten Pasaman serta kedua di Kabupaten Pesisir Selatan. Pemprov Sumbar saat ini juga telah mendapatkan alokasi dana anggaran sebesar Rp. 40 Milyar dalam membangun shelter tersebut.

Bacaan Lainnya

“Alokasi dana anggaran pembangunan empat Shelter itu berasal dari Badan Penanggulangan Nasional Bencana (BNPB), sedangkan untuk pembangunannya akan dilakukan oleh Dinas Prasarana Jalan, Tata Ruang dan Pemukiman (Prasjal Tarkim) Sumbar,” kata Kepala BPBD Sumbar, Yazid Fadhli di Padang, Senin (3/3).

Yazid menyebut, Pemprov Sumbar juga mendapatkan anggaran dana bantuan sebesar Rp. 20 Milyar untuk DED (Desain Engenering Design) pembangunan Shelter.

“Pembangunan Shelter merupakan salah satu program mitigasi bencana yang bertujuan untuk mengurangi dampak risiko bencana jika sewaktu-waktu terjadi tsunami. Kita dari pemerintah juga memberikan pelatihan dan edukasi kepada lembaga sigap bencana maupun masyarakat dalam hal ini,” jelasnya.

Pemerintah juga sudah menyiapkan masterplan peringatan tsunami berupa Alarm Master Plan dan Early Warning System. Nantinya, kedua alat mitigasi bencana ini ditujukan untuk melengkapi peralatan dalam antisipasi bencana.

“Ada sekitar 921.000 masyarakat Sumbar saat ini berada dalam zona merah gempa dan tsunami. Untuk itu, disiapkannya seluruh metode dan peralatan antisipasi bencana semoga dapat meminimalisir dampaknya,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait