Tahun Baru dengan “Sipasan”, Warga Padang Antusias

IMG_7996
Karnaval “Sipasan” di Kampung Pondok, Kota Padang, Selasa (31/12) sore. (Foto: Huda Putra)

Himpunan Bersatu Teguh  (HBT) menggelar acara arak-arakan Sipasan dan kesenian Tradisional Tionghoa di kawasan Kampung Pondok, kota Padang, Selasa (31/12) kemarin. Acara yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIN ini,  merupakan dalam rangka menyambut tahun baru dan ulang tahun HBT.

Akibanya, sejumlah ruas dialihkan guna menghindari kemacetan dan melancarkan acara yang diadakan sekali setahun ini. Tampak, ribuan warga telah memadati kawasan ini sejak pukul 14.00 WIB.

Berbagai pertujukan digelar di kawasan ini, dari kesenian Tradisional Etnis Tionghoa seperti Sipasan, Barongsai serta arak-arak musik Tradisional menjadi acara utama dalam menyambut tahun baru tahun 2014.

Sebanyak 73 orang anak-anak berpakaian Tradisional Tionghoa, lalu diarak keliling menggunakan tandu sepanjang jalan utama kota Padang. Untuk diketahui, arak-arakan yang dikenal dengan Sipasan ini menyerupai hewan sejenis Lipan berkepala dan berekor naga.

Sipasan yang memiliki panjang sekitar 115 meter ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh HBT setiap tahunnya. “Kita Pemerintah Kota Padang sangat mendukung acara seperti ini, karena ini akan memupuk kebersamaan antara masyarakat kota Padang,” ujar Walikota Padang, Fauzi Bahar usai menyaksikan langsung acara tersebut di kawasan Pondok, kota Padang, sore kemarin.

Selain itu, Fauzi juga berharap agar tradisi ini dapat terus diadakan setiap tahunnya. “Kita bersama-sama berharap, kegiatan ini bisa digelar setiap tahunnya, karena ini acara yang sangat menarik bagi para wisatawan,” tuturnya.

Pertujunkan Sipasan dimaknai dengan lambang kebersamaan dan keberagaman. Hal ini adalah bentuk dari tidak memandangnya budaya, agama, suku dan etnis yang berbeda.

Sebelumnya, sekitar empat bulan yang lalu, pertunjukan Sipasan ini sempat memecahkan rekor dunia, setelah mengalahkan Sipasan yang digelar oleh Negara Thailand.

Reporter : Huda Putra

Editor : Ikhwan

 

Loading...

Pos terkait