Tahun 2016, 365 Kebakaran Terjadi di Padang

Ilustrasi. Petugas tengah memadamkan api terhadap kebakaran Rumah Makan Pagi Sore, Pondok, Kota Padang. Foto : Yathada
Ilustrasi. Petugas tengah memadamkan api terhadap kebakaran Rumah Makan Pagi Sore, Pondok, Kota Padang. Foto : Yathada

Peristiwa kebakaran sepanjang tahun 2016 meningkat di Kota Padang. Kebakaran sendiri tercatat paling banyak terjadi pada malam hari.

Kepala BPBD-Pemadam Kebakaran Padang, Rudy Rinaldy menyebutkan, tercatat sepanjang tahun 2016, kebakaran terjadi sebanyak 365 kali di Kota Padang. “Kita ambil dari data paling terbaru. Untuk totalnya mencapai 365 kali, dimana seringterjadi pada malam hari,” katanya di Padang, Kamis (22/12).
Lanjut Rudy, jika untuk angka pada tahun 2016 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. “Kenaikannya sekitar lima persen, dimana pada tahun 2015, kami mencatat terjadi 357 kebakaran di Kota Padang,” jelasnya.
Dari sebelas Kecamatan di Kota Padang, ada tiga wilayah yang memiliki angka tertinggi, diantaranya Kecamatan Kuranji, Kecamatan Padang Barat dan Kecamatan Padang Timur. “Sekitar 51,4 persen peristiwa kebakaran terjadi pada malam hari,” katanya.
Sementara untuk objek kebakaran terbanyak adalah rumah penduduk, sedangkan selanjutnya adalah ruko, perkantoran, pabrik dan lainnya. “Kita melihat untuk data tahun 2016, kebakaran terjadi terbanyak disebabkan oleh arus listrik,” terangnya.
Pihaknya sendiri berharap angka ini bisa turun pada tahun 2017. Pihaknya juga meminta masyarakat lebih berhati-hati dan mengetahui apa saja penyebab dari kebakaran guna menghindari hal yang tidak diinginkan.
“Kita harapkan, masyarakat bisa lebih berhati-hati, mengetahui apa saja pemicunya, jadi lebih baik kita mencegah dulu. Kita harap angka ini turun pada tahun mendatang,” harapnya.

Loading...

Pos terkait