Tahun 2014, Komnas HAM Sumbar Tangani 111 Kasus

  • Whatsapp
Komnas Hak Asasi Manuasia (HAM). Foto : Barata Media
Komnas Hak Asasi Manuasia (HAM). Foto : Barata Media

Sepanjang tahun 2014, Komini Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Sumatera Barat (Sumbar) menangani sebanyak 111 kasus terkait berbagai HAM.

Ketua Komnas HAM Sumbar, Sultanul Arifin menyebutkan dari sebanyak 111 kasus yang terbanyak ditangani merupakan terkait Hak Sipil Politik (Sipol) dibandingkan Hak Ekonomi Sosial dan Budaya (Ekosob).

Bacaan Lainnya

“Dalam kasus HAM itu terbagi menjadi dua jenis, Sipol dan Ekosob. Untuk tahun 2014, hingga data kita sampai kemarin (30/12), kita lebih besar menangani kasus yang menyangkut Hak Sipol,” katanya di Padang, Rabu (31/12).

Ia menjelaskan, kepolisian terbanyak dilaporkan dalam kasus Hak Sipol sepanjang tahun 2014. “Sedangkan untuk Hak Ekosob terbanyak dilaporkan diantaranya Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Badan Pertanahan, Perusahaan dan BUMN,” jelasnya.

Disebut Sultanul, penanganan kasus HAM di Sumbar cenderung  meningkat dibandingkan tahun 2013. “Memang rata-rata setiap tahunnya, kita menangani lebih dari 100 kasus setiap tahunnya. Namun, dibandingkan 2013, ada peningkatan,” tuturnya.

Diperkirakan, menurut Sultanul pada tahun 2015 mendatang, kasus HAM di Sumbar juga akan mencapai angka 100 lebih. “Kita melihat trendnya, sepertinya akan kembali lebih dari 100 kasus pada tahun 2015,” terangnya.

Selain itu, untuk menurunkan angka tersebut, menurutnya seluruh pihak, terutama aparat penegak hukum harus lebih peka dalam menangani kasus-kasus yang menyangkut Hak-hak dari seluruh masyarakat.

“Kalau sudah ada kesadaran dari seluruh pihak, bisa turun angka kasusnya, karena itu merupakan tiang utama dalam menurunkannya,” harapnya.

Loading...

Pos terkait