Tahanan Meninggal, Keluarga Bakal Lapor ke Polda Sumbar

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Seorang tahanan Kejaksaan Negeri Padang kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), Ramadalis (40) meninggal dunia. Dirinya meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) M. Djamil Padang, Senin (13/1) setelah dirawat lebih kurang satu minggu akibat geger otak yang dideritanya.

Walau dalam keadaan berkabung, keluarga tahanan yang meninggal dunia itu akan segera melaporkan kematian ini kepada Polda Sumatera Barat (Sumbar). “Saat pihak keluarga tengah berduka. Setelah ini baru kita bantu keluarga untuk melapor ke polisi,” kata Direktur LBH Padang, Vino Oktavia, Selasa (14/1) kemarin.

Menurutnya, keluarga Ramadalis tidak terima kematian ini. Korban Ramadalis masuk rumah sakit karena diduga menderita penganiayaan sebelumnya. “Kita belum bisa menduga siapa pelakunya, kita masih butuh penyelidikan lebih lanjut,” lanjutnya.

Istri Ramadalis, Linda (38) mengatakan sangat terpukul atas meninggalnya sang suami. Karena tidak rela atas kematian suaminya, ia rela jika makam Ramadalis terpaksa harus digali untuk otopsi. “Uda sering cerita ia dianiaya. Nantilah diceritakan. Dan kalau memang makam Uda perlu digali lagi, kami rela,” ungkapnya.

Ramadalis adalah tersangka pelaku kasus curanmor. Ia ditangkap jajaran kepolisian Polresta Padang di kawasan lapangan sepakbola belakang RS Dr. M. Djamil Padang pada Sabtu 5 Oktober tahun lalu. Ramadalis kemudian ditahan Polresta Padang. Saat kasusnya dilimpahkan kepada kejaksaan, tahanan Ramadalis dipindahkan ke LP Muaro.

Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Iwan Ariyandhi yang dikonfirmasi tentang kematian mantan tahanan Polresta ini langsung membantah. Katanya, tidak ada kekerasan terjadi selama Ramadalis ditahan Polresta Padang. “Tidak ada tahanan yang dianiaya ataupun dipukuli di sel Polresta Padang,” ujar Iwan Ariyandhi.

Sementara itu Kepala LP Kelas II Muaro Padang, Darwan membenarkan kalau Ramadalis adalah tahanan LP sejak pertengahan Desember 2013 lalu. “Kami tidak pernah menganiaya tahanan selama di sini,” ungkap Darwan.

(KlikSumbar.com/ed*wn)

Loading...

Pos terkait