Sumbar Daerah Favorit Tujuan Wisata

Pantai Padang dipadati wisatawan. Foto : Istimewa
Pantai Padang dipadati wisatawan beberapa tahun lalu. Foto : Istimewa
Pantai Padang dipadati wisatawan
Pantai Padang dipadati wisatawan. Foto : Istimewa

Sumatera Barat merupakan daerah favorit tujuan mudik, selain Jawa Timur, DIY, Jawa Barat Jawa Tengah, dan selama musim lebaran atau Idul Fitri 1438 H/2017 M, di daerah merupakan perputaran uang terbesar nantinya.

Hal yang sama juga akan dirasakan daerah Sulawesi, Maluku dan Kalimantan. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang. Pulang kampung merupakan adat kebiasaan yang telah terjadi sejak dahuly kala di Indonesia, terutama saat masa-masa hari raya keagamaan.

Muat Lebih

Perputaran uang akan banyak mengalir dari desa ke kota, sehingga ini akan membangkitkan akan ekonomi di daerah. Aliran dana tentunya berasal dari Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji bulanan (PNS). Ia memprediksi, 6,8 juta warga akan berlibur ke kawasan wisata saat mudik.

“Tadi sudah saya terangkan daerah mana saja yang akan jadi tujuan, dan itu sudah tampak,” katanya, Jumat (16/6/2017).

Analisis kecil uang mengalir dari Jakarta ke daerah dibawa oleh pemudik bisa mencapai Rp7 Triliun, apabila jumlah pemudik dengan hitungan kasar sebanyak 6.825.0000 orang atau setara 2.275.000 juta keluarga, dan ini peningkatan 3 persen dari lebaran sebelumnya.

Apabila, dirata-ratakan besaran uang Rp3 juta yang dibawa maka perkiraan bisa mencapai Rp7 Triliun.

Sementara berdasarkan perkiraan Bank Indonesia (BI), perputaran uang selama Ramadan dan selama musim Lebaran naik sekitar 14 persen dari tahun lalu dengan nilai total Rp691 Triliun. Bahkan, ada tambahan uang tunai sebesar Rp167 Triliun selam Idul Fitri 1438 H.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia