Sumbar, 20 Persen Guru SD Belum Sarjana

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Syamsurizal mengutarakan bahwa sekitar 20 persen guru Sekolah Dasar (SD) masih belum menamatkan studi sarjana.

Persentase ini sendiri diakui masih jauh dari target Pemprov Sumbar pada 2015 yakni seluruh guru dari SD hingga SMA sudah berijazah sarjana. “Guru yang belum S1 itu ada sekitar 20 persen di Sumbar. Pencapaian targetnya, kita telah sediakan anggaran untuk mengkuliahkan guru yang belum sarjana tersebut,” katanya di Padang, Rabu (21/5).

Ia menambahkan, data Dinas Pendidikan Sumbar bulan Desember 2013, tercatat sekitar 10.000 ribu dari total 53.396 guru SD masih belum memiliki ijazah sarjana, minimal S1.

“Kita telah giatkan saat ini untuk mensosialisasikannya kepada para guru. Disamping, masih banyak guru yang usianya sudah hampir 58 tahun belum sarjana, makanya kita genjot dari sekarang,” jelasnya.

Syamsu sendiri menyarankan agar mempermudah para guru atau tidak menganggu proses belajar mengajar (PBM), guru disarankan untuk mengambil sarjana pada Universitas Terbuka.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait