Suhu Udara di Riau 35 Derajat Celcius

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan/blog.act.id.
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan.blog.act.id.JPG
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan/blog.act.id.
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan.blog.act.id.JPG

Suhu udara di Riau mencapai 35 derajat celcius, hal tersebut terlihat dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam sepekan terakhir.

Pemerintah daerah setempat telah memperpanjang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sampai November mendatang.

Bacaan Lainnya

Bahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiagakan enam unit helikopter untuk mengantisipasi Karhutla di Riau.

“Ada tiga titik penempatan helikopter, kami juga menempatkan di Dumai, Japura dan Pekanbaru,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (22/6/2017).

Selain itu, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menyampaikan, jika suhu pada siang hari mulai pukul 11.00-14.00 Wib mencapai 35 derajat. Hanya saja, di wilayah pesisir dapat melebihi dari suhu tersebut.

Posisi angin bertiup dari arah wilayah Riau bagian Tenggara sampai dengan Barat Daya miliki kecepatan lima hingga 15 knots atau sembilan sampai 27 kilometer per jam, kemudian suhu udara maksimal 32,5 sampai 34,5 derajat celcius dengan kelembaban udara maksimal 91 hingga 96 persen.

“Ketika suhu demikian, maka dapat dikhawatirkan kawasan pesisir akan terbakar karena gambutnya kering,” pungkas Slamet.

Berdasarkan pantauan satelit untuk jarak pandang saat ini masih normal, dan kemungkinan peluang hujan akan terjadi dengan intensitas ringan.

Loading...

Pos terkait