Sore Ini, Gugatan DeJe Kembali Disidangkan

  • Whatsapp
Gedung Mahkamah Konstitusi. Foto : Detik.com
Gedung Mahkamah Konstitusi. FOTO/DETIK
Gedung Mahkamah Konstitusi. FOTO/DETIK

Gugatan Pilkada Padang putaran kedua yang dilayangkan pasangan calon (paslon) Desri-James kembali disidangkan hari ini, Selasa (1/4) sekitar pukul 16.00 WIB. Sidang keempat ini mengagendakan terkait pembuktian dan pemeriksaan sejumlah saksi.

Terpantau dari situs resmi Mahkamah Konstitusi, persidangan kali ketiga ini merupakan pembuktiaan keempat. Sebelumnya, sidang perdana dilakukan dengan mendengar sejumlah permohonan dari pihak pemohon (Desri-James), sedangkan sidang kedua dan ketiga pembuktiaan permohonan berupa pemeriksaan sejumlah saksi, baik dari pihak pemohon, terkait (Mahyeldi-Emzalmi) dan KPU Kota Padang.

Untuk diketahui, berdasarkan risalah sidang kedua, pihak pemohon menyebut bahwa terjadi pelanggaran terstruktur yang diduga dilakukan oleh mantan Walikota Padang Fauzi Bahar saat dirinya menjabat. Pemohon beranggapan bahwa Fauzi menggunakan jabatannya untuk mendukung paslon bernomor urut 10 yakninya Mahyeldi-Emzalmi. Pemohon juga menggugat pemberhentian secara sepihak sejumlah Anggota PPK oleh KPU Kota Padang.

Namun, pihak kuasa hukum Mahyeldi-Emzalmi sendiri membantah seluruh tudingan tersebut. Pasalnya, menurut tim kuasa hukumnya, gugatan dari pihak pemohon tidak mempunyai bukti yang akurat. Ditambah, seperti diketahui, Pilkada Padang putaran kedua, Fauzi Bahar dengan terang-terangannya tidak mendukung paslon Mahyeldi-Emzalmi.

Pihak kuasa hukum dari KPU Kota Padang juga membantah seluruh tuduhan pemberhentian PPK tersebut. Menurut KPU, pemberhentian itu sudah sewajarnya dilakukan, mengingat masa jabatan sejumlah Anggota PPK yang disebut pemohon sudah habis masa tugasnya.

Dijadwalkan, usai sidang keempat ini dalam beberapa hari kedepan, Mahkamah Konstitusi akan membacakan putusan Pilkada Padang putaran kedua tersebut.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait