Soal Video Viral Wajib Hijab di SMK 2 Padang, Ini Kata Disdik Sumbar

  • Whatsapp
Ilustrasi Hijab atau Jilbab
Ilustrasi. Foto : Republika

Padang – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Barat Adib Alfikri membenarkan peristiwa yang menjadi viral di SMK N 2 Padang, beberapa hari ini.Ilustrasi Hijab atau Jilbab

Adib mengakui memang ada aturan yang mewajibkan menggunakan hijab di SMKN 2 Padang. Aturan itu dibuat untuk keseragaman pada sekolah tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Indonesia yang merupakan negara dengan berbagai keberagaman, tidak memiliki paksaan dalam beragama. Dengan begitu, dia memastikan bahwa aturan itu tidak bersikap memaksa, sebab tidak ada aturan yang membolehkan aturan tersebut.

“Aturan ini memang ada di SMKN 2 Padang dibuat untuk keseragaman. Namun tidak ada maksud lain dalam aturan tersebut,” kata Adib Alfikri di Padang, Sabtu (23/1).

Dia menjelaskan, saat ini terdapat 14 siswa kelas X yang beraga non muslim di SMK N 2 Padang, namun tetap mengikuti aturan tersebut.

“Untuk kelas X, ada 14 siswa yang non muslim, sedangkan untuk jumlah keseluruhan ada 40 lebih non muslim yang berada di SMKN 2 Padang tersebut, dan tetap mengikuti aturan yang berlaku,” jelas Adib.

Pihak Sekolah Sampaikan Permintaan Maaf

Sementara itu, pihak sekolah sendiri telah menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut.

“Selaku Kepala Sekolah SMKN 2 Padang, saya menyampaikan permintaan maaf atas kesalahan dari jajaran staf bidang kesiswaan, dan bimbingan konseling dalam penerapan aturan, dan tata cara berpakaian siswa tersebut,” kata Rusmadi dihubungi terpisah.

Rusmadi menyebut, siswa yang bersangkutan dapat bersekolah seperti biasa kedepan. “Kami berharap, kekhilafan dan informasi yang simpang siur pada medsos, dapat diselesaikan dengan semangat kesamaan dan keberagaman kita,” sebut Rusmadi.

Sebelumnya, masyarakat dibuat heboh dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan adanya orang tua siswa yang keberatan dengan aturan dari SMKN 2 Padang tersebut.

Dalam video itu, orang tua siswa itu mempertanyakan aturan wajibnya menggunakan hijab bersekolah di sekolah tersebut.

Loading...

Pos terkait