Soal Reaktivasi Kereta Api, Ini Jawaban Mahyeldi

Ilustrasi.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mencanangkan reaktivasi jalur kereta api di sejumlah wilayah Sumbar. Hal ini disampaikannya dalam Milad PKS ke-22 di Padang, Sabtu (4/5/2024).

“Sudah ada agenda kita untuk reaktivasi jalur rel kereta api di Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga

Mahyeldi menargetkan beberapa jalur, termasuk jalur yang sudah ada seperti Padang-Padang Pariaman-Kayu Tanam, serta jalur Padang Panjang-Sawahlunto, Padang Panjang-Bukittinggi, dan Bukittinggi-Payakumbuh.

Koordinasi intensif dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pun terus dilakukan. “Kita sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Pembicaraan terakhir dengan Dirjen Kereta Api, kita sedang mencari lokomotif yang sesuai dengan jalur rel kita di Sumbar. Info terakhir, lokomotif yang dicari kemungkinan ada di Swiss,” kata Mahyeldi.

Di Kota Padang, kereta api direncanakan sebagai angkutan publik dan telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Sumbar 2025.

Mahyeldi optimis reaktivasi ini tak hanya mendongkrak sektor transportasi, tetapi juga membangkitkan nostalgia dan membuka peluang baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Mudah-mudahan ini menjadi potensi untuk meningkatkan pelayanan transportasi kepada masyarakat dan berbagai sektor lain,” pungkasnya.

Rekomendasi