SNMPTN 2014 : “Salah Ambil Jurusan Berakibat Fatal”

imagesSetelah dihadapkan dengan problematika Ujian Nasional, siswa kelas 3 SMA/sederajat tentu juga harus memikirkan kemana harus melanjutkan pendidikannya.

Mayoritas tentu ingin melanjutkan pendidikan ditempat yang terbaik, terbaik yang biasanya dipersepsikan dengan “Universitas Negeri” karena dianggap lebih baik entah itu dari segi sistem, biaya, ataupun gengsi.

Bacaan Lainnya

Salah satu jalur yang ditempuh untuk memasuki universitas negeri adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pendaftaran SNMPTN sudah dimulai sejak 6 Januari kemarin, dimulai dengan sekolah mendaftarkan siswanya melalui PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) kemudian dilanjutkan dengan pengisian PDSS dan pendaftaran SNMPTN secara online dimulai pada 17 Februari 2014.

Disinilah akan terjadi saat-saat dilematis, yaitu menentukan pilihan jurusan kuliah yang akan diambil nantinya. Pemilihan jurusan sangatlah penting, karena ini akan menentukan masa depan mu nanti.

Salah jurusan bisa berakibat fatal, ini bisa menimbulkan ketidakmaksimalan ketika kuliah nanti. Berikut adalah tips bagaimana terhindar dari kesalahan pengambilan jurusan.

1.Find Your Passion

Yang paling pertama dan utama sekali adalah kamu harus menentukan minatmu ada dimana, ini akan sangat membantu sekali ketika pemilihan jurusan. Ketika kita sudah mengetahui minat kita ada dimana, secara otomatis kita akan langsung tau kemana tujuan yang akan kita pilih.

2.Jangan Terbentur “Gengsi”

Memang benar bahwa pengambilan jurusan dikuliah akan memberikan pengaruh yang besar pada prospek kerja nanti, tapi itu tidak berlaku secara umum.

Kita tidak bisa menebak apa yang terjadi kedepannya nanti, apakah sesuatu yang dianggap jelas hari ini masih dianggap jelas nantinya. Come on, roda itu berputar. Nggak ada yang bisa jamin ketika kamu mengambil jurusan kedokteran kamu “pasti” akan jadi dokter nantinya.

3. Percaya Pada Kemampuan Dirimu Sendiri

Banyak sekali yang mengambil jurusan pada universitas tertentu hanya dikarenakan jurusan tersebut tidak begitu diminati orang, dan beranggapan dia akan lulus karena tidak mempunyai banyak saingan.

Konyol ! Dia tidak menyadari ini akan berdampak sangat besar kedepannya, karena kuliah adalah salah satu sarana untuk menemukan siapa dan dimana kita nantinya.

4.Faktor Eksternal

Ketika seorang anak sudah menemukan minatnya ada dimana dan dia tau harus kemana melangkah, banyak sekali orangtua yang tidak setuju dengan keinginan anaknya. Orangtua memang selalu ingin memberikan yang terbaik pada anaknya, dengan menganggap bahwa sudah lebih dulu mengecap asam manis kehidupan terkadang orangtua meremehkan keinginan anaknya.

Sebagai anak yang berbakti kamu tidak perlu memberontak terhadap keinginan orangtuamu, jelaskan saja dengan ketulusan dari lubuk hati yang paling dalam bahwa itu adalah keinginanmu dan kamu berjanji akan melakukannya dengan kemampuan terbaik.

Kamu tentu lebih tahu bagaimana cara menjelaskannya kepada orangtuamu karena kamu yang paling tahu benar bagaimana watak orangtuamu. Tapi saran dari orangtua juga perlu didengarkan, karena ridho Allah terletak pada ridho orangtua.

Intinya adalah kamu harus menemukan minatmu ada dimana dan kemana harus melangkah, percaya pada dirimu sendiri, optimis yang diselaraskan dengan kenyataan bahwa kamu harus ingat dimana batas kemampuanmu. Usahalah dengan keras dan selanjutnya pasrahkan pada Allah Yang Maha Kuasa. Keep fight!!!

Penulis : Gesyca Rikhaflina

Loading...

Pos terkait