SMA Eks RSBI di Padang Tetap Diminati Pelajar

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/PADEK
Ilustrasi. FOTO/PADEK
Ilustrasi. FOTO/PADEK

Peminat tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) eks (bekas) RSBI sepertinya masih menjadi prioritas pilihan utama bagi pelajar kelas 9 SMP dalam mengikuti tes mandiri di Kota Padang. Ini terlihat dari jumlah pendaftar pada tiga eks RSBI yaitu SMA 1, 3 dan 10 Kota Padang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Indang Dewata mengatakan, sejak ditutupnya pendaftaran Jumat (16/5) tercatat peminat terbanyak adalah SMA 10 Padang dengan jumlah 1.184 siswa. Disusul SMA 1 Padang 639 siswa dan posisi ketiga diisi SMA 3 Padang sebanyak 739 siswa.

“Kuotanya sendiri untuk SMA 1 sebanyak 280 siswa, SMA 3 sebanyak 288 siswa dan SMA 10 sebanyak 288 siswa,” jelasnya di Padang, Senin (19/5).

Ia juga menjelaskan untuk sistem penerimaan sendiri terbagi menjadi 70 persen tes mandiri dan 30 menggunakan pendaftaran atau sistem online. “Persenan kuota itu dibagi dari tiga sekolah eks RSBI atau sekarang namanya binaan,” katanya.

Walaupun demikian, ia menegaskan, sekolah binaan tersebut tetap mempertahankan mutu pendidikan tanpa ada keistimewaan. Sesuai dengan SK Walikota Padang, saat ini pihak sekolah tidak lagi memungut untuk biaya sekolah.

“Mutu pastinya tetap dijaga dan tidak ada perbedaannya. Sesuai dengan teknisnya dan mengacu pada SK Wako, biaya bebas dari pungutan,” tuturnya.

Seperti diketahui, sekolah RSBI telah dihapuskan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan kini menjadi sebutan sekolah binaan untuk mengapresiasinya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait