Simulasi Pengamanan Pilpres, Polda Sumbar Siapkan Tim Negosiator

  • Whatsapp
Ilustrasi. Simulasi pengamanan Pilpres oleh Polda Sumbar didepan Polresta Padang, Imam Bonjol, Kota Padang. Foto : Ikhwan
Tim negosiator tengah berdialog dengan pengunjuk rasa (simulasi). Foto: Ikhwan
Tim negosiator tengah berdialog dengan pengunjuk rasa (simulasi). Foto: Ikhwan

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat bersama Kepolisian Resort Kota (Polresta) Kota Padang menggelar simulasi pengamanan Pemilu Presiden (Pilpres) bertempat didepan Polresta Padang, Imam Bonjol, Kota Padang, Selasa (10/6).

Simulasi ini sendiri dibuat seperti Pilpres aslinya. Pasukan yang terdiri Dalmas, Brimob, Gegana, Sabhara, Anti huru-hara dan tim negosiator dari Polwan ikut dalam kegiatan persiapan pengamanan Pilpres tersebut.

Bacaan Lainnya

Terlihat, kepolisian menyiagakan tim pengamanan superketat saat kemungkinan adanya unjuk rasa penolakan terhadap hasil Pilpres. Kemudian, petugas sendiri mengerahkan tim negosiator yang terdiri dari Polwan untuk meredakan unjuk rasa yang terjadi.

Tim negosiator juga dilengkapi dengan pasukan Dalmas, Anti huru-hara dan Brimob tepat dibarisan belakang. Nantinya, tim ini akan menengahi dari adanya konflik terhadap pelaksanaan awal hingga Pilpres, 9 Juli mendatang.

Tak hanya unjuk rasa, kepolisian juga memperagakan pengawalan, mulai dari pendistribusian surat suara hingga pengembaliannya saat Rapat Pleno tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Setidaknya, terlihat ada sekitar 1.000 personel yang diterjunkan untuk simulasi pengamanan Pilpres tahun 2014.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto mengatakan, simulasi kali dibuat lebih beda sedikit dari pada sebelumnya.

“Bedanya, kan, disini pengunjuk rasa dapat ditenangkan atau ditengahkan oleh tim negosiator,” jelasnya.

Kapolda menyebut, tim negosiator disiapkan untuk mengantisipasi adanya konflik saat pelaksanaan Pilpres mendatang.

“Tim negosiator disini berguna untuk menjadi penengah, supaya konflik maupun unjuk rasa bisa ditenangkan dan tidak anarkis,” tegasnya.

Loading...

Pos terkait