Simulasi Evakuasi Tsunami Momentum Peringatan Gempa Sumbar

Ilustrasi. Foto : Antara
Ilustrasi. Foto : Antara
Ilustrasi. Foto : Antara

Dalam rangka memperingati sekaligus memberikan pembelajaran evakuasi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menggela simulasi evakuasi Tsunami di kawasan Lubuk Buaya, Kota Padang, Selasa (30/9).

Kepala BPBD Padang, Dedi Henidal menyebutkan, simulasi ini merupakan upaya dari pihaknya memberikan pembelajaran evakuasi kepada masyarakat, terutama yang berada pada zona merah dan kuning.

“Iya, ini upaya kita dalam memberikan pelajaran penuh kepada masyarakat berupa prakteknya langsung. Kita utamakan bagi yang berada pada zona merah dan kuning, karena daerah itulah yang harus sangat diperhatikan,” katanya.

Ia menjelaskan, simulasi ini dimulai dari lokasi pinggir pantai sampai berakhir pada zona hijau yakni Jaur Bypass, Kota Padang.

“Alhamdulillah, antusias masyarakat sangat bagus. Kita libatkan anak-anak sampai lansia. Ada sekitar 1.187 peserta yang ikut andil,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap dengan diadakannya simulasi ini dapat mengurangi rasa panik masyarakat apabila sewaktu-waktu bencana datang.

“Kita pastinya berharap masyarakat dapat memahami kemana mereka harus pergi jika bencana datang. Ini bentuk antisipasinya supaya masyarakat sudah tahu jalur evakuasi diri mereka,” tuturnya.

Kedepan, pihaknya mengaku juga akan menggelar simulasi serupa pada sejumlah lokasi.

“Simulasi sendiri sebelumnya sudah sering kita lakukan. Kedepan, kita aka terus lakukan langkah antisipasi ini,” pungkasnya.

Seperti diketahui, simulasi evakuasi Tsunami ini bertepatan dengan peringatan lima tahun bencana gempa besar yang melanda Sumatera Barat pada 30 September 2009.

Loading...

Rekomendasi