Sidang Keempat, DeJe Hadirkan Saksi Ahli

  • Whatsapp
Saksi ahli pemohon (Desri-James) dalam sidang keempat gugatan Pilkada Padang putaran kedua di MK. FOTO/HUMAS MK
Saksi ahli pemohon (Desri-James) dalam sidang keempat gugatan Pilkada Padang putaran kedua di MK. FOTO/HUMAS MK
Saksi ahli pemohon (Desri-James) Maruarar Siahaan dalam sidang keempat gugatan Pilkada Padang putaran kedua di MK. FOTO/HUMAS MK

Sidang keempat gugatan paslon Desri-James terhadap Pilkada Padang putaran kedua kembali digelar di Mahkamah Konstitusi, Selasa (1/ 4) kemarin. Sidang kali ini, hakim MK mendengarkan keterangan ahli yang diajukan pihak pemohon (Desri-James) dan mendengarkan sejumlah keterangan saksi dari para pihak.

Ahli pemohon, Maruarar Siahaan menyatakan bahwa diundangnya 104 lurah di Kota Padang oleh Walikota Padang Fauzi Bahar (red) mengindikasikan merupakan pelanggaran bersifat terstruktur, sistematis dan masif. Meski tidak mengajak para lurah untuk memilih salah satu pasangan calon, namun Fauzi Bahar mengarahkan para lurah untuk tidak memilih pasangan calon yang didukung oleh partai politik tertentu.

Lebih lanjut, ahli dalam perkara nomor 7/PHPU.D-XII/2014 itu meminta agar MK mendiskualifikasi pasangan Mahyeldi Ansharullah-Emzalmi yang merupakan pihak terkait dalam perkara ini.

Keterangan ahli juga dikuatkan dengan keterangan para saksi Pemohon. Kepada majelis hakim konstitusi yang dipimpin Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi, para saksi menjelaskan ada beberapa kali pertemuan yang dilakukan oleh Walikota Padang sebelum berakhir masa jabatannya.

Setiap pertemuan, Fauzi Bahar selalu mengarahkan kepada pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Padang untuk selalu kompak dan tidak mendukung pasangan calon yang menjadi pesaing Wakil Walikota Padang saat itu yakni Mahyeldi berpasangan dengan Emzalmi.

Sidang berikutnya akan dilaksanakan untuk pembacaan putusan dan para pihak dimohon untuk menunggu panggilan sidang dari MK.

(Mahkamah Konstitusi.WEB)

Editor : Mister

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait