Siap-siap ! Radio Nakal Bakal Ditertibkan

Sumpah jabatan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kepada 7 Komisioner KPID Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA
Sumpah jabatan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kepada 7 Komisioner KPID Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA
Sumpah jabatan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno kepada 7 Komisioner KPID Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan Balai Monitor Spektrum Frekwensi Radio Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan pengawasan lebih ketat terhadap lembaga penyiaran radio.

Sasaran utamanya yakni radio yang tidak memiliki kelengkapan izin siaran. “ Kami siap bersinergi dengan KPID Sumbar untuk memajukan dunia penyiaran di daerah ini. Radio-radio nakal akan kita tindak tegas. Banyak radio yang sudah mati izinnya namun masih bersiaran. Ada sebagian yang belum Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) namun sudah menerima iklan,” kata Kepala Balai Monitor Spektrum Frekwensi Radio Sumatera Barat, Salman usai menerima rombongan komisioner KPID di kantornya, Selasa (11/2).

Bacaan Lainnya

Loka Monitor Spektrum Frekwensi Radio dan Orbit Satelit Padang sendiri sejak beberapa bulan terakhir sudah menyegel beberapa radio di Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, Kota Bukittinggi.

Ketua KPID Sumatera Barat, Afrianto  Korga, M.Pd juga mengatakan radio diharapkan meningkatkan isi siarannya sesuai dengan Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Selain itu radio juga harus taat pada aturan yang ada terutama proses perizinan dan infrastruktur.

“ Jika ini tidak dipenuhi maka akan kita tindak saja. KPID dan Balmon akan menindak, bahkan bisa sampai pemberhentian siaran sementara. Tidak hanya radio, televisi juga akan kita awasi secara ketat terutama soal isi siaran dan kontain lokalnya,” kata Afrianto.

Menurut Afrianto, ke depannya KPID tidak akan main-main dan tidak akan mentolerir terhadap lembaga penyiaran yang tidak memiliki kelengkapan izin dan melanggar P3SPS.

Sementara itu Ketua Bidang Kelembagaan KPID, Mardhatilah, S.H, menyebutkan sinergi dua lembaga ini KPID dan Balmon akan terus kita dikembangkan.” Kita akan berbagi tugas sesuai dengan tugas dan kewajiban masing,” kata Mardhatilalh.

KPID dan Balmon dalam beberapa waktu ke depan juga akan turun ke daerah-daerah untuk memantau langsung progres radio di daerah termasuk soal izin dan infrastuktur radio tersebut. [Rel]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia