Siap “Nyoblos” 71 Tahanan Polresta Padang

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/LENSAINDONESIA
Ilustrasi. FOTO/LENSAINDONESIA

Penyelenggaraan Pileg (Pemilu Legislatif) yang dihelat pada (9/4) besok, tidak memiliki batasan terhadap pemilihnya, termasuk para tahanan yang ada di jajaran Polresta Padang dan polsek-polsek yang ada di kota Padang. Mereka masih tetap dapat memilih dan menggunakan hak suara mereka, tentunya dengan pengawalan ekstra.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Wisnu Andayana mengatakan, para tahanan yang ada di wilayah hukum Polresta Padang tetap bisa mengeluarkan hak pilihnya, namun penyelenggaraannya dilakukan di Polresta Padang karena tidak memungkinkan untuk digelar di polsek-polsek tersebut.

”Setidaknya saat ini ada sekitar 71 orang tahanan yang akan melakukan pencoblosan pada 9 April mendatang, mereka wajib memberikan hak pilihnya walaupun berstatus tahanan,” ujarnya di Padang, Selasa (8/4).

Ditambahkannya, semua tahanan itu sudah termasuk tahanan perempuan yang nantinya akan dikumpulkan di Polresta Padang. Sistem pencoblosan yang dilakukan tetap sama, hanya saja untuk para tahanan ini, pihak KPU Padang mendatangi mereka.

”Surat suara untuk mereka nanti diantarkan ke tempat para tahanan itu dikumpulkan dan dilakukan pencoblosan seperti biasa dengan empat kertas suara,” jelasnya.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan agar keamanan dan menghindari tidak ada tahanan yang kabur saat pesta demokrasi itu berlangsung. Mengenai personel, Polresta Padang sudah mempersiapkannya bersamaan dengan persiapan personel untuk pengamanan Pileg.

”Kita berharap para tahanan ini juga memberikan hak suara mereka karena sebagai WNI, mereka punya hak atas itu walaupun terlibat tindakan kriminal,” tutupnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait