Semak Belukar Terbakar, Rumah Warga pun Hampir Dilahapnya

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Pembakaran semak belukar oleh sejumlah warga di Pasir Jambak, Kota Padang, Senin (17/2) malam hampir saja membawa petaka. Pasalnya, semak belukar kering yang dibakar terus menjalar besar hingga hampir mencapai rumah warga.

Salah seorang warga, Rahmad menuturkan, api terlihat pertama kali karena sebagian warga melihat ada gumpalan asap tebal yang membumbung. “Ada asap tinggi pak, makanya kami cek kesana, ternyata ada semak yang dibakar tapi terus meluas apinya,” katanya di lokasi kejadian.

Baca Juga

Lantas, warga setempat pun langsung menghubungi Damkar (Pemadam Kebakaran) guna memadamkan api yang ditakutkan akan menjalar tersebut. Selang 15 menit, satu unit mobil pemadam kebakaran dengan 20 personel langsung memadamkan api yang terus berkobar tersebut.

“Setelah mendapatkan informasi dari warga, kita langsung menerjunkan personel dan mobil pemadam agar api tidak menjalar membakar rumah yang berada disekitarnya,” kata Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kota Padang, Edi Asri saat dihubungi via seluler, Selasa (18/2) pagi.

Beruntung, pemadam kebakaran yang datang cukup cepat dapat memadamkan api sekitar 30 menit usai kejadian. “Saat ini musim panas (kemarau), jadi kami himbau untuk seluruh warga kota Padang agar memerhatikan terlebih dahulu sebelum membakar sesuatu termasuk sampah maupun semak belukar,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia