Selama Pilkada, Kemendagri Catat 70 Orang Meninggal

  • Whatsapp
Kementerian Dalam Negeri RI.
Kementerian Dalam Negeri RI.
Kementerian Dalam Negeri RI.

Kementerian Dalam Negeri kembali menggaungkan Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. Undang-undang ini harus direvisi karena memakan banyak korban selama pemilihan kepala daerah.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya di sebuah seminar otonomi daerah di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (24/4). Menurutnya selama Pilkada langsung sudah 70 orang menjadi korban jiwa.

“Selama menggelar pilkada langsung kabupaten/kota sudah ada 70 orang meninggal dunia. Kemudian, sejumlah gedung pemerintah rusak, terus rusaknya sistem kekerabatan dibeberapa daerah antar suku dan sebaginya,” jelas Gamawan.

Gamawan menjelaskan revisi itu masih di bahas antara Dirjen Perda Kemendagri dan Komisi Pemerintahan DPR. Sampai saat ini sudah masuk pertemuan ke-10.

“Masih berkutat tentang beberapa isu yang masih belum jelas,” kata Gamawan.

Sementara dia meyakinkan ke ratusan orang dalam seminar itu jika UU itu memang harus direvisi. Sebab revisi itu mempertegas dan memperjelas konsep desentralisasi Indonesia. Selain itu memperjelas pengaturan dalam berbagai aspek penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Lainnya, menambah pengaturan baru sesuai dengan dinamika masyarakat dan tuntutan pelaksanaan desentralisasi,” paparnya.

(JaringNews)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait