Sekolah Ludes Terbakar, Siswa-nya pun Terancam Tak Bisa Belajar

SD Negeri 41 Seberang Padang ludes terbakar. FOTO/GS
SD Negeri 41 Seberang Padang ludes terbakar. FOTO/GS
SD Negeri 41 Seberang Padang ludes terbakar. FOTO/GS

Sebuah kebakaran melahap Sekolah Dasar (SD) Negeri 41, dan tujuh rumah di kawasan Seberang Padang, Minggu (2/2) sekitar pukul 10.30 WIB. Akibatnya, para siswa SD itu pun terancam tidak bisa bersekolah lagi, hingga adanya perbaikan.

Penjaga SD yang juga rumahnya terbakar, Syamsul Bahri menuturkan, dirinya pertama kali melihat ada gumpalan asap tebal, dan percikan api dari salah satu rumah warga. Saat itulah, api itu pun langsung meluas, dan menyambar yang ada di sekitarnya.

Bacaan Lainnya

”Saya kaget, untung saja sekolah libur karena hari Minggu, tapi saya langsung meminta bantuan kepada warga sekitar,” katanya.

Sontak, warga pun langsung kaget, dan mencobas memadamkam api menggunakan air sungai yang berada berdekatan dengan lokasi kebakaran. Tapi, api yang terus membesar tidak membuahkan hasil apapun. ”Kami sempat putus asa, semakin disiram, apinya semakin membesar,” katanya.

Selang beberapa menit, pemadam kebakaran pun datang dengan menurunkan tujuh unit mobil pemadam, satu unit mobil pemadam dari PT Pelindo, dibantu dengan 30 personel.

”Kita berhasil memadamkan api dalam waktu 15 menit lebih, namun tidak ada sepertinya barang yang bisa selamat. Sementara ini kita menduga api bermula dari kompor yang meledak disalah satu rumah,” kata Kabid Damkar kota Padang, Edi Asri.

Selain itu, api diduga dari kompor yang meledak pada salah satu rumah warga. “Dugaan sementara api berasal dari kompor yang meledak pada salah satu rumah warga. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi kerugian kita taksir mencapai Rp. 750 juta,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan kota Padang, Indang Dewata menyebutkan, ada 141 siswa dari 12 kelas yang terbakar di SD tersebut direncanakan akan dipindahkan sementara ke SD 38 Seberang Palinggam.

”Kita sudah mendapatkan informasi tentang kebakaran tersebut, saat ini tengah dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Dinas Pendidikan Kota Padang, kita akan usahakan pembangunan kembali, dan untuk sementara para siswa dipindahkan ke sekolah terdekat dulu,” katanya saat dihubungi via seluler, sore.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia