Segera ! Sistem Pantau Lalulintas di Kota Padang

Ilustrasi ATCS.
Ilustrasi ATCS.
Ilustrasi ATCS.

Pengontrolan arus lalu lintas di Kota Padang yang kendatinya menggunakan pengawasan pada anggota lapangan akan berubah. Hal ini dibuktikan dengan akan adanya pengawasan melalui sistem Area Traffic Control System (ATCS) yang memanfaatkan CCTV sebagai pemantaunya.

Sebanyak 14 ATCS akan dipasang pada sejumlah titik pada tahun 2014 hingga 2015 mendatang. Nantinya, ATCS akan dikelola oleh sepuluh petugas yang selalu siaga dalam mengawasi arus lalu lintas di Kota Padang.

Bacaan Lainnya

“Tahun 2014 ini telah kita dirikan sebanyak 5 ATCS di sejumlah titik. Sedangkan, 9 lagi akan ditambah setelah adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2014,” kata Kabid Lalulintas Dinas Perhubungan Kota padang, Jovi Satrios di Padang, Sabtu (8/2) siang.

Adapun ATCS yang telah terpasang terdapat di Simpang 4 Jamria, Simpang Dinas PDK, Simpang Ahmad Yani, Simpang Kandang, dan Simpang Polresta Padang. Pengeras suara pun juga dipasang pada setiap ATCS yang berfungsi untuk memberikan arahan jika ada pengguna jalan yang melanggar.

“ATCS juga diharapkan dapat membantu penyelidikan kasus kecelakaan lalu lintas. Nantinya, jika pihak kepolisian membutuhkan kronologi kejadian, CCTV dari ATCS dapat berputar hingga 360 derajat, dimana bisa melihat seluruh area persimpangan,” pungkasnya.[Padek]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia