Satu Mesin Untuk Selamatkan Ikan di Danau Maninjau

Keramba jala apung di Danau Maninjau. FOTO/KOMAPOST
Keramba jala apung di Danau Maninjau. FOTO/KOMAPOST
Keramba jala apung di Danau Maninjau. FOTO/KOMAPOST

Demi menekan dampak matinya puluhan ton ikan Keramba Jala Apung di Danau Maninjau, Agam, Sumatera Barat, Dirjen Pengolah Hasil Produk Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan 1 unit mesin pengolah tepung ikan.

Nantinya, alat ini akan berfungsi sebagai pengolah tepung ikan yang bisa dimanfaatkan seperti pakan ikan, pelet, itik, serta hewan ternak lainnya. “Ini bentuk kepedulian kita dalam memanilisir kerugian para petani ikan Keramba Jala Apung yang terus terjadi setiap tahunnya,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Agam, Ermanto saat dihubungi via seluler, Senin (10/2).

Baca Juga

Mesin pengolahan ikan itu sebenarnya telah diusulkan pada tahun 2013, tapi baru dapat direalisasikan pada tahun ini. “Kita sudah usulkan dari tahun kemarin, tapi realisasinya bisa tahun ini, diperkirakan alat itu akan datang pada bulan Juli mendatang,” jelasnya.

Menurut Ermanto, kematian puluhan ton ikan di Danau Maninjau beberapa waktu lalu diduga akibat keracunan air. Ditambah, adanya perubahan cuaca yang tak menentu, disamping naiknya kadar belerang dalam danau.

Pihaknya juga menghimbau agar para petani di kawasan tersebut dapat menjaga kelestarian danau. “Para petani janganlah memberikan makanan yang berlebihan terhadap ikan agar kelestarian danau itu pun terjaga,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia