Satu Hektar Lahan Perbukitan Terbakar

Ilustrasi.
Ilustrasi kebakaran Lahan
Ilustrasi.

Diduga api berasal pertama kali dari pembakaran pada salah satu makam etnis Tionghoa yang rata-rata menghuni pemakaman tersebut. Ditambah, cuaca yang panas dan kondisi semak (ilalang) yang terlihat kering.

Salah seorang warga, Ujang menyebutkan bahwa kebakaran itu telah sering terjadi. Bahkan, dua hingga tiga kali setahun, apalagi kalau ada orang tionghoa yang menjenguk kuburan keluarganya.

”Api itu berasal dari sisa pembakaran uang kertas yang diletakkan diatas makam, kemudian diterbangkan angin dan mengenai semak kering itu pak,” jelas Ujang.

Kabid Damkar Kota Padang, Edi Asri mengatakan, kebakaran tersebut menghanguskan setidaknya satu hektar lahan makam etnis tionghoa yang dipenuhi dengan semak dan ilalang. BPBDPK Kota Padang sudah menurunkan satu armada damkar untuk memadamkan api, tapi jaraknya terlalu jauh.

”Kami hanya menstandbykan personel di lokasi, dan berusaha memadamkan dengan cara manual, saat ini api tersebut sudah mulai berangsur padam,” katanya di lokasi.

Sementara, Kabid Kehutanan Dispernakbunhut Kota Padang, Adlin Gusmar menyebut saat ini memang kebakaran lahan tersebut sudah teratasi.

Menurutnya, lahan itu adalah lahan semak yang dipergunakan untuk kuburan masyarakat etnis tionghoa, dan kebiasaan mereka untuk membakar sesajian itu menjadi pemicu kebakaran.

”Tapi kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi kebakaran ini,” ujarnya saat dihubungi via seluler.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia