Sampaikan Tuntutan, Ini Jawaban Rektor UBH

Ratusan mahasiswa Universitas Bung Hatta berunjuk rasa menuntut realisasi Rektor. FOTO/HUDA PUTRA
Ratusan mahasiswa Universitas Bung Hatta berunjuk rasa menuntut realisasi Rektor. FOTO/HUDA PUTRA
Ratusan mahasiswa Universitas Bung Hatta berunjuk rasa menuntut realisasi Rektor. FOTO/HUDA PUTRA

Ratusan mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) Padang berunjuk rasa di Kampus II UBH, Ulak Karang, Kota Padang, Rabu (19/2) pagi. Setelah satu jam lamanya menunggu, akhirnya Rektor UBH, Niki Lukviarman turun untuk menemui ratusan mahasiswa tersebut.

Mahasiswa pun langsung menyampaikan tuntutan mereka kepada Rektor. “Buka kembali pendaftaran portal KRS dan uang kuliah, karena sekitar 200 mahasiswa tidak bisa mengisi, dan disuruh untuk BSS,” kata Koordinator Aksi, Dani Prawira didepan Rektor.

Baca Juga

Dani juga menyebutkan, fasilitas seperti laboratorium komputer yang telah dijanjikan pihak kampus tidak kunjung direalisasikan padahal para mahasiswa telah membayar uang IT setiap semesternya.

“Dispensasi mahasiswa miskin sangatlah kurang, apakah ini namanya pendidikan ? Uang kuliah pun setiap tahun selalu naik, orang kaya kah kami ini semuanya pak Rektor,” tuturnya.

Niki pun langsung menjawab tuntutan dari ratusan mahasiswa tersebut. “Untuk pembukaan portal KRS saya berjanji akan membicarakannya nanti, sedangkan fasilitas kampus itu telah kita laksanakan, saya minta saudara sabar, karena itu semua ada mekanismenya,” katanya didepan ratusan mahasiswa.

Kemudian, dispensasi unutk mahasiswa kurang mampu, dirinya mengaku telah merealisasikan hal tersebut. “Dispensasi  mahasiswa kurang mampu telah berjalan dan saat ini terhitung 217 terdaftar. Satu persen saja pihak kampus tidak pernah memungut kepada mahasiswa yang terdaftar itu,” jelasnya.

Sementara, uang kuliah yang naik setiap tahunnya, Niki menyebut, itu semua merupakan kewenangan Yayasan sepenuhnya. “UBH ini dijalankan oleh Yayasan, jadi kalau uang kuliah naik itu merupakan kewenangan Yayasan,” lanjutnya.

Untuk itu, Niki berjanji akan menampung seluruh tuntutan tersebut, dan menyampaikan kepada Yayasan. “Saya berjanji akan menyampaikan semua tuntutan ini kepada pihak Yayasan, oleh karena itu tolong kepada mahasiswa agar bersabar,” pungkasnya.

Setelah mendengarkan tanggapan Rektor, ratusan mahasiswa itu pun langsung membubarkan diri. Mahasiswa juga berjanji akan menagih tanggapan Rektor, jika tidak, mahasiswa mengancam akan menggelar aksi lanjutan kembali. [W]

Lihat Berita Sebelumnya !

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia