Salingka Gelar 10 Pementasan Peringati Hari Teater Dunia

Pementasan "Ratak Nyao" dalam bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita HIV/AIDS di Sumatera Barat. FOTO/HUDA PUTRA
Pementasan "Ratak Nyao" dalam bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita HIV/AIDS di Sumatera Barat. FOTO/HUDA PUTRA
(Ilustrasi) Pementasan “Ratak Nyao” dalam bentuk kepedulian terhadap anak-anak penderita HIV/AIDS di Sumatera Barat. FOTO/HUDA PUTRA

Memperingati hari teater se-dunia yang jatuh pada 27 Maret 2014 mendatang, Teater Rakyat 2 pun akan digelar Salingka Teater (SATE) Padang. Direncanakan, 10 pementasan akan digelar pada 10 sekolah dan Panti Asuhan di Kota Padang.

Bertujuan mendekatkan dunia teater dengan masyarakat, pagelaran ini akan berlangsung 27-30 Maret 2014. ”Ada sekitar 15 group teater yang ikut serta pada event kali ini. Mengenai tempat panggung pertunjukan akan dilakukan di beberapa sekolah dan panti asuhan secara terpisah,” ujar Humas Salingka Teater Padang, Ririn Safitry.

Baca Juga

Selain pementasan, Salingka Teater juga akan mengadakan workshop kritik teater. Workshop ini sendiri akan digelar pada 23 Maret. “Kegiatan pelatihan tenaga kritikus yang belakangan memang sudah langka di Sumbar. ‘Tergerak dari minimnya kritikus teater di Sumbar, maka kawan-kawan di Sate Padang menggagas acara ini,” sebut Penanggung Jawab Workshop Teater Ruang Bekas, Kiki.

Workshop rencananya akan digelar di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumbar. Tak tanggung-tanggung, Salingka Teater  mendatangkan pemateri yang sudah malang melintang di dunia kritik seperti Zelfeni Wimra dari komunitas Mantagi, S Metron dari Ranah Teater dan Dede Pramayoza dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang.

Dede Paramyoza selaku praktisi dan pengamat teater mengatakan, kegiatan ini akan sangat berguna bagi pengembangan bakat menulis serta menganalisa pertunjukan yang tentunya ada pada setiap komunitas teater yang ada.

“Dengan terbangunnya dunia kritik, maka masyarakat akan turut tercerdaskan. Mereka akan lebih mengenal teater, dan wacana yang ada dalam sebuah pementasan juga akan dapat difahami oleh mereka yang tidak sempat hadir di pementasan tersebut,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia