RUPS Tetapkan Benni Warlis Komisaris Utama Bank Nagari yang Baru

  • Whatsapp
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Nagari di Hotel Mercure Padang, Selasa 16 Maret 2021. Foto : Harian Haluan

Padang – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) Bank Nagari menetapkan dua dari tiga Komisaris Bank Nagari untuk periode 2021-2024.

Penetapan itu dibenarkan oleh Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Nagari Idrianis di Padang, Rabu (17/3) malam.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, penetapan dilakukan pada RUPS LB Bank Nagari di Mercure Hotel Padang pada Selasa (16/3) kemarin.

Adapun pemegang saham menetapkan Benni Warlis sebagai Komisaris Utama dan Manar Fuadi sebagai Komisaris Independen.

“Untuk masa jabatan Dewan Komisaris Bank Nagari terhitung sejak ditutupnya rapat RUPSLB, berakhir pada 16 Maret 2024 mendatang,” kata Idrianis.

Dia menjelaskan, Benni Warlis merupakan birokrat yang menjabat sebagia Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sumatera Barat. Sedangkan, Manar Fuadi merupakan Direktur Dana Pensiun Bank Nagari, dan juga mantan Pemimpin Cabang Utama Bank Nagari sebelum pensiun.

“Kita pastinya berharap dengan kehadiran Komisaris Utama dan Komisaris Independen yang baru dapat menjadi perpanjangan tangan para pemegang saham, kemudian juga membawa angin segar dalam meningkatkan kinerja Bank Nagari ke depan, dan dapat bersinergi dengan pihak manajemen untuk membawa kemajuan bagi Bank Nagari,” jelas Idrianis.

Sebelumnya, komposisi Komisaris Bank Nagari periode 2018-2021 terdiri dari Hamdani (Komisaris Utama), Nazwar Nazir (Komisaris Independen), Yondrival (Komisaris) dan Zulhefi (Komisaris).

Dari hasil RUPS Bank Nagari beberapa bulan sebelumnya, pemegang saham menetapkan bahwa komposisi Komisaris terdiri hanya tiga orang, yakni satu orang unsur pemerintahan dan dua orang unsur independen.

Dari penjaringan tim Pansel yang diketuai Sekdaprov Sumbar Alwis sebelumnya, keluar delapan nama yang lulus Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) Pansel.

Kedelapan nama itu adalah Benni Warlis, Manar Fuadi, Rosail Akhyari Pardomoan, Oskar, Irsad, Edrizanof, Armeyn dan Hendri.

Namun, informasinya, hanya tiga orang diajukan untuk mengikuti UKK di OJK, diantaranya Benni Warlis, Manar Fuadi dan Oskar.

Tetapi hanya dua nama yang lolos, masing-masing Benni Warlis dan Manar Fuadi.

Dengan demikian, pemegang saham masih mencari satu nama lagi untuk mengisi Komisaris dari unsur independen.
Untuk saat ini yang tersisa dari Calon Komisaris Independen adalah Edrizanof (Mantan Direktur Kepatuhan Bank Nagari 2016-2020), Hendri (Mantan Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari 2016-2020 dan Armeyn (Mantan Pemimpin Divisi Bank Nagari).

Sementara Rosail Akhyari dan Irsad yang juga lolos UKK, tidak dapat diajukan karena merupakan pejabat Pemprov Sumbar dan sudah diwakilkan oleh Benni Warlis dari unsur pemerintahan.

Loading...

Pos terkait