RUPS, Komisaris Bank Nagari 2021-2024 Hanya Tiga Orang

RUPS Seri A Bank Nagari. Foto : Istimewa
RUPS Seri A Bank Nagari. Foto : Istimewa

Padang –¬†Bank Nagari kembali menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Seri A dan Luar Biasa (LB) Rabu 30 September 2020 kemarin yang dipusatkan di Mercure Hotel Padang.

RUPS itu dipimpin langsung Komisaris Utama PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Hamdani dan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno,

Bacaan Lainnya

Dalam agenda RUPS Seri A tersebut, ditetapkan terkait sistem dan prosedur pemilihan dan pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Bank Nagari periode 2021-2024.

Hasilnya, pada periode mendatang, Komisaris Bank Nagari hanya akan diisi oleh tiga orang, diantaranya satu dari unsur Pemprov Sumbar, dan dua dari unsur Independen.

Hal ini berbeda dengan sebelumnya, karena diisi oleh empat orang diantaranya Komisaris Utama Hamdani, Komisaris Independen Nazwar Nazir, dan Komisaris masing-masing, Zulhefi Sikumbang serta Yondrival.

Selain penetapan prosedur pemilihan Komisaris tersebut, RUPS Seri A itu juga menyetujui pelaksanaan program subsidi Pemprov Sumbar ke Bank Nagari berupa penyedian skema pinjaman kepada para pelaku usaha mikro dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah wabah pandemi Virus Covid-19.

Skema pinjaman itu diberi nama Solusi Mengatasi Masalah Keuangan atau Simamak.

Kemudian, hasil dari RUPS itu juga menyetujui pemenuhan porsi kepemilikan Pemprov Sumatera Barat menjadi diatas 51 persen hingga akhir tahun 2023 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017.

Pemenuhan itu dilakukan via setoran modal sebesar Rp 502,29 miliar setiap tahunnya hingga dengan tahun 2023 dengan jumlah total sebesar Rp 661,776 miliar.

[Kominfo Padang Panjang]

Loading...

Pos terkait