“Rock The Vote” : Pemilih Muda Yang Bergerak !

Deklarasi "Rock The Vote" Indonesia. FOTO/BUDIS
Deklarasi "Rock The Vote" Indonesia. FOTO/BUDIS
Deklarasi “Rock The Vote” Indonesia. FOTO/BUDIS

Meningkatkan pemilih muda pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, CEEP (Center for Election and Politicial Party) Indonesia menggelar “Rock The Vote” pada 45 Universitas Negeri dan Swasta di 33 Provinsi Indonesia.

Universitas Andalas (Unand) pun didapuk menjadi tuan rumah pertama dalam deklarasi kali ini. Deklarasi sendiri bertempat di Convention Hall Unand, dan dihadiri sekitar 500 mahasiswa se-Kota Padang.

Bacaan Lainnya

Deklarasi dilakukan dengan pembacaan dan pentandatanganan fakta deklarasi. Direktur CEEP Indonesia, Reny Suarso mengatakan, deklarasi ini bertujuan untuk menggalang pemilih muda yang sangat mendominasi sekarang di Indonesia.

“Deklarasi bukanlah untuk menargetkan atas satu partai saja, tetapi mengajak masyarakat melalui mahasiswa untuk tidak golput,” katanya saat deklarasi di Convention Hall, Unand, Kota Padang, Senin (17/2) siang.

Dikatakan, Rany, pemilih muda haruslah diberikan motivasi yang lebih. Pasalnya, pemilih muda merupakan bangsa yang baru, dan dapat memberikan sosialisasi penuh kepada masyarakat agar memilih pada Pileg 2014 mendatang.

“Peran anak muda di Indonesia haruslah kita perhitungkan, karena mereka lah yang akan langsung bertemu masyarakat, terkhusus kapasitasnya sebagai mahasiswa,” tuturnya.

Selain itu, pelatihan pendidikan pemilih muda dan empat pilar kebangsaan juga digelar CEEP Unand bekerjasama dengan Ditjen Kesbangpol dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Pastinya dengan kegiatan ini kita dapat mengetahui apakah itu dunia politik, dan siapa yang pantas dipilih nantinya,” kata Ridho, salah seorang mahasiswa.

Deklarasi ini juga dihadiri oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padang, Perwakilan Gubernur Sumbar, dan Wakil Rektor Unand. Deklarasi pertama ini juga digelar pada Universitas Tadulako, Kota Palu. [BS/WN]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia