Revisi Kurikulum Dinilai Belum Perlu

  • Whatsapp
Ilustrasi Kurikulum 2013. Foto:  Kuambil.com
Ilustrasi Kurikulum 2013. Foto: Kuambil.com

Revisi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah terhadap Kurikulum 2013 dinilai masih belum memadai.

Pengamat Pendidikan Universitas Negeri Padang (UNP), Mukhayar  mengatakan, revisi Kurikulum 2013 sebenarnya tidak perlu dilakukan mengingat masih belum terlaksananya secara keseluruhan.

Bacaan Lainnya

“Kalau menurut saya tidak perlu direvisi sebenarnya, kan belum jalan sepenuhnya pada masing-masing sekolah,” katanya di Padang, Selasa (16/12).

Menurutnya, revisi ini dilakukan lantaran dinilai masih belum seluruh guru belum siap dalam mengimplementasikan Kurikulum tersebut. “Iya, kalau perangkatnya belum siap, bagaimana implementasinya ? Iya, saya rasa revisi ini untuk mengevaluasi akarnya tersebut,” jelasnya.

Apakah ini liberisasi pendidikan, menurut Mukhayar tidak karena melihat tanggapan masing-masing pihak. “Saya kira ini tidak liberisasi pendidikan, kan hampir tiap pemerintah kita selalu tukar Kurikulum, jadi ini sah-sah saja sebenarnya. Tergantung pendapat dan tanggapan masing-masing pihak saja lagi,” terangnya.

Dirinya berharap, perangkat dari Kurikulum 2013 tersebut, dimana adalah para guru dapat siap mengimplementasikannya. “Kurikulumnya sudah bagus, kita harapkan revisi ini untuk lebih menyiapkan para guru selaku perangkat pelaksananya,” harapnya.

Loading...

Pos terkait