Ratusan APK Caleg Salahi Aturan Ditertibkan Panwaslu Padang

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Panwaslu Padang bersama KPUD Padang serta Satpol PP Padang melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) pada sejumlah kawasan di Kota Padang, Kamis (20/2) siang.

Penertiban sendiri dibagi menjadi tiga tim yang bergerak meliputi Jalanan Protokol di Kota Padang. “Tim satu dari lapangan Imam Bonjol lalu Khatib Sulaiman dan Tabing, sedangkan tim dua Gunung Pangilun, Gajah Mada, dan Siteba. Kemudian, tim tiga meliputi Jalan Sisingamangaraja, dan sepanjang Bypass,” kata Ketua KPUD Padang, Alison saat penertiban berlangsung.

Baca Juga

Dikatakan, Alison, penertiban ini dilakukan lantaran banyaknya APK yang menyalahi aturan dan letaknya pun pada zona yang tidak tepat. “Banyak laporan masyarakat datang ke Panwaslu terkait APK salah aturan itu, makanya kita langsung menertibkan seluruhnya tanpa terkecuali,” tuturnya.

Selain itu, Alison juga masih menyayangkan peralatan yang dibawa tim penertiban masih terbilang belum memadai, sehingga sebagian tim belum dapat menjangkau APK seperti baliho besar yang letaknya juga tinggi. “Walaupun seperti itu kita tetap berusaha agar baliho besar itu diturunkan,” jelasnya.

Sementara, Ketua Panwaslu Kota Padang, Nurlina mengatakan hingga saat ini tercatat 1.150 Baliho Caleg yang menyalahi aturan telah ditertibkan. Nurlina mengaku telah empat kali menyurati Partai bersangkutan tetapi masih tak diindahkan.

“Kita sudah menyurati mereka agar sesuai prosedur, tetapi mereka tidak mengindahkannya. Makanya, kami langsung penertiban seperti ini,” katanya disela-sela penertiban APK di kawasan Gunung Pangilun, Kota Padang.

Dijadwalkan, penertiban APK ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan. “Kita akan bersihkan semuanya dalam tiga hari kedepan, karena pastinya waktu pemilu semakin dekat, dan baliho pun semakin banyak setiap minggunya,” pungkasnya. [K/PT/W]

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia