Rahmat Saleh : Ojol Bantu UMKM Digitalisasi Bisnis

Padang – Rahmat Saleh, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, mendorong sinergisitas antara komunitas ojek online (ojol) dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Padang.

Hal ini disampaikan HRS dalam kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat No. 16 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi dan UMKM di Kota Padang, Selasa (10/12/2023).

Bacaan Lainnya

“Kita menggandeng Ojol Kota Padang dalam kegiatan sosialiasi ini, dengan harapan mampu mewujudkan sinergisitas Ojol dengan UMKM terkhusus pada bidang bisnis,” kata HRS.

Menurut HRS, sinergisitas antara ojol dan UMKM dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Ojol dapat membantu UMKM dalam hal pemasaran, penjualan, pengiriman, dan persoalan administrasi. Sementara itu, UMKM dapat memberikan keuntungan bagi ojol melalui komisi penjualan atau biaya pengiriman.

“UMKM yang masih bersifat tradisional harus dibantu dengan hadirnya Ojol dalam rangka proses digitalisasi UMKM,” kata HRS.

Ketua PUDOS, Choki Sulaiman, menyambut baik upaya yang dilakukan HRS. Ia berharap, sinergisitas antara ojol dan UMKM dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kapasitas produksi UMKM.

“Kami berusaha dengan adanya sosialisasi dan kerjasama antar Ojol ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan, dan kapasitas produksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terkhusus meningkatkan penjualan secara online,” kata Choki Sulaiman.

Dalam kegiatan tersebut, HRS juga menyatakan dukungan penuhnya kepada persatuan ojol, dalam mengimplementasikan digitalisasi yang bersinergi dengan UMKM dalam jangka panjang.

“Ojek online memiliki peranan penting dalam mendukung kemajuan UMKM konvensional agar menuju UMKM yang digitalisasi,” pungkas HRS.

Pos terkait