Rahasia Kandungan Lemon

Lemon. Foto : Istimewa
Lemon. Foto : Istimewa
Lemon. Foto : Istimewa

Bukan lagi rahasia bahwa lemon memiliki khasiat yang begtu serbaguna. Mulai dari kandugan antibakteri yang memperkuat sistem imun, vitamin C yang baik bagi tubuh, dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang mengancam kesehatan tubuh.

Namun, yang mungkin belum banyak diketahui adalah, lemon ternyata memiliki khasiat unik, bisa menjadi senjata serbaguna wanita ketika berada di dapur. Apa saja khasiatnya? Berikut seperti dilansir laman Everyday Health.

Memperlambat Pembusukan Buah

Buah seperti alpukat, apel, pisang, dan kentang, apabila sudah dikupas dan dibiarkan begitu lama di udara terbuka, bisa berubah warna menjadi agak kecoklatan, yang kemudian berujung pada pembusukkan buah. Untuk mencegahnya, peras potongan buah lemon dan siramkan ke permukaan buah agar tak mudah berubah warna dan tetap bisa dimakan.

Menyegarkan sayuran layu

Karena lama didiamkan dan tak diolah, sayuran berdaun seperti sawi atau selada akan layu dan sering terbuang sia-sia karena sudah tidak segar lagi untuk dikonsumsi. Tapi, jangan buru-buru menaruhnya di tong sampah, cobalah rendam sayuran tersebut dengan air dingin dan dua setengah gelas jus lemon, dan masukan ke dalam kulkas. Setelah beberapa saat, keluarkan sayur dari kulkas dan nikmati sayuran yang kembali segar tanpa harus membuang uang membeli yang baru.

Merebus telur lebih cepat

Anda ingin merebus telur dengan sempurna tapi takut cangkang telur pecah karena api terlalu besar? Jangan khawatir, rendamlah telur dengan air lemon sebelum direbus. Lemon dapat melindungi lapisan cangkang telur dan membuatnya lebih kuat sehingga tak mudah pecah walau terkena suhu tinggi.

Melunakkan daging

Mengolah daging bukanlah hal yang mudah. Ini, karena daging sangat sulit dilunakkan. Jika temperatur air saat merebus tidak pas, daging akan menjadi keras dan alot. Nah, jika hal ini terjadi, Anda bisa memanfaatkan lemon untuk melunakkan daging. Caranya sederhana, sebelum mengolah daging, oleskan air perasan lemon, agar daging lebih lembut dan lunak saat dimasak.

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia